Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Prinsip dan Urgensi Penerapannya di Madrasah Ibtidaiyah

  • Prima Danuwara UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Hamdan Maghribi UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Kata Kunci: Active Learning, Pembelajaran Akidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah jenjang pendidikan dasar di mana pada tingkat ini, pembelajaran harusnya mulai mengajarkan peserta didik untuk berfikir atif, kreatif, kritis, agar terlatih sejak dini untuk menerapkan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari mereka. Terlebih pada pelajaran Akidah Akhlak, di mana arah pencapaian dari pembelajaran ini bukanlah sekedar memahami teori-teori dalam hal keimanan dan perilaku, tetapi sampai pada siswa dapat menerapkan perilaku baik sebagai kebiasaan yang mereka laksanakan sehari-hari. Para guru akidah akhlak di tingkat MI membutuhkan panduan bagaimana menerapkan sebuah strategi atau metode pembelajaran aktif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sukses.  Tujuan penelitian ini adalah menghadirkan pembahasan tentang bagaimana prinsip dan urgensi penerapan strategi active learning dalam pembelajaran akidah akhlak pada siswa di tingkat MI. Metode penelitian adalah library-research, di mana data penelitian diambil dari sumber dari buku dan artikel ilmiah berasal dari internet yang relevan dengan pembahasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran akidah akhlak dengan strategi active learning bertujuan agar peserta didik lebih aktif, menarik dan menggembirakan untuk menarik minat belajar.  Pembelajaran active learning dapat menggunakan prinsip dasar metode berbicara dan mendengar, membaca, menulis dan refleksi pada diri peserta didik. Strategi ini urgen untuk diterapkan karena  dapat mengajak peserta didik menjadi pribadi yang kreatif dalam mengkontekstualkan materi yang diterima dengan keadaan sekitar. Dalam konteks pembelajaran akidah akhlak akan memberikan pengalaman kepada peserta didik agar siap menghadapi dan menjawab permasalahan-permasalahan yang muncul pada zaman yang terus berkembang dengan menjadi pribadi yang santun, beradab, bermoral dan memiliki keimanan dan ketqwaan kepada Allah SWT.

Referensi

Amiroh. (2023). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Di MI Salafiyah 03 Kalimas Randudongkal Pemalang. 4, 1–22.

Ardiyanti, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), 199–209. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13166

Burhanudin, D. A., & Rochmiyati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Mendengarkan Informasi Berita Pada Kelas X B Sma Piri 1 Yogyakarta Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Caraka, 4(2), 60.

Fauziah, I. (2023). Urgensi Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 8(1), 87-102.

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. 1, 187–194.

Jannah, M. (2020). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60-72.

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio, 12, 10–21.

Khairi, A. K. (2020). Pembelajaran Akidah Akhlaq. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August). Sanabil.

Masripah. (2007). Urgensi Internalisasi Pendidikan Akidah Akhlak Bagi Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 01, 52–61.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nur Jannah, E. S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion†di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. Fondatia, 3(2), 19–34. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.219

Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns, 2(1), 366–377.

Saputra, A., & Rifa’i, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Disiplin Siswadi MI Darul Falah Pematang Benteng Hilir. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 164–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.382

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Jurnal Pena, 3(1), 67–80. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1451

Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517

Susanti, R. (2022). Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Batola. Adiba: Journal of Education, 2(1), 11–22.

Sutinah, & Kumala Nahrasyiah. (2018). Implementasi Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Fiqh Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gedontengen Kota Yogyakarta. In Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 1).

Syaparuddin, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Tanjung, E. F., Samsul, T., Hady, & Latipun. (2019). Pembelajaran Active Learning Pada Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.

Tardi, T., & Rahim, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Aqidah Akhlak Bagi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Haurgeulis Indramayu Tahun 2019. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(3), 369-376.

Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1364

Supriatna, U., & Rahayu, P. (2021). Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak dan Perilaku Siswa. Journal of Nusantara Education, 1(1), 19-26.. https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.2

Wahyudi, D., & Hasanah, M. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Aktif Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Intizar, 23(2), 183–194. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i2.2194

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.

Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Zaman, B. (2020). Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.148

Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles