Manajemen Program Arabic Culture Dalam Menciptakan Bi’ah Arabiyah Di Perguruan Tinggi Islam

  • Ela Jazilah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nuril Mufidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Manajemen program, Arabic culture, Bi’ah Arabiyah, Perguruan Tinggi Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen Program Arabic Culture yang dijalankan sebuah perguruan tinggi Islam di Indonesia, yaitu UIN KHAS Jember. Perguruan Tinggi ini telah berhasil mengembangkan program Arabic Culture yang dapat menciptakan lingkungan berbahasa Arab (bi’ah Arabiyah), sehingga menghasilkan generasi berprestasi dalam bidang bahasa Arab.  Penelitian berfokus untuk menggali kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan mencari faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tersebut. Penelitian menggunakan jenis kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Wawancara mendalam dilaksanakan kepada Presiden International Culture and Islamic Studies (ICIS), ketua bidang divisi bahasa Arab, tutor dan peserta program. Dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program dilakukan melalui review tujuan divisi dan motto organisasi. Selanjutnya, dilakukan pengelompokan kelas sesuai dengan tingkat kemampuan keterampilan berbahasa Arab. 2) Program ini dilaksanakan selama 1 tahun dengan 2 kali pertemuan dalam 1 minggu dengan tutor sebaya yang memiliki kemampuan lebih baik dari teman yang lainnya, dengan menggunakan materi sesuai kemampuan, strategi berdasar level dan metode langsung serta sistem kolaboratif. 3) Faktor pendukung efektivitas program berasal dari kompetensi tutor, kesamaan tujuan peserta program dan dukungan pemimpin. Sedangkan hambatan berasal dari rendahnya komitmen tutor dan peserta, keterbatasan prasarana (tempat belajar), dan heterogenitas latar belakang peserta program. Secara praktis, temuan ini menyediakan gambaran yang dapat diadopsi oleh institusi pendidikan lainnya untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab peserta didik melalui perencanaan yang komprehensif, pelaksanaan yang kolaboratif, dan evaluasi yang sistematis.

Referensi

Abdilah, A. A., & Holilulloh, A. (2022). Effectiveness of Arabic Debate Community to Improve Students’ Arabic Speaking Skills /Efektivitas Komunitas Debat Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 3(2), 116–132. https://doi.org/10.22515/athla.v3i2.5668

Adawiyah, Y. R., & Jennah, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 778–784. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5059

Aini, N., Mastutik, P., & Taufiq, M. A. (2021). Analisis Pemelihan Kosakata dalam Buku Ajar Perspektif Rusydi Ahmad Thu’aimah. Al-Ittijah, 13(2655–7444), 119–132. http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v13i2.5042

Aliyah, V. H., Maghfur, A. ’Ali, & Hilmi, D. (2019). Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang. Arabia, 11(1), 175. https://doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5214

Alizar, M., Mulyanto, T., & Mufidah, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Lingkungan Berbahasa Arab di Pondok Modern Daarul Abroor Banyuasin Sumatera Selatan. Saliha: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 6(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.54396/saliha.v6i1.470 Manajemen

Arif Muh. (2019). Metode Langsung ( Direct Method ) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lisan Jurnal Bahasa dan Pengajaranya, 4(1), 44–56. https://doi.org/http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al

Azhari, A., Arief, G. R. R., & Hilmi, D. (2022). Manajemen Mutu Program Kallimni pada Kelas Online Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare. Al Fathin Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 5(2), 257–271. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i02.5182

Bako, F. M., Masruroh, F., Tuli, F., & Arifa, D. (2018). Pengawasan Dan Evaluasi Program Bahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 61–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i1.72

Cen, C. cia. (2023). Pengantar Manajemen. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Danuarta, H. S. (2024). Pengaruh Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran. Adiba: Journal of Education, 4(2), 263–269.

Fithrotul, J. (2017). Pembelajaran Debat Bahasa Arab Melalui Model International Universities Arabic Debating Championship (IUADC), Qatar. Prosiding Konfrensi Nasional Bahasa Arab III, 7, 216–223. prosiding.arab-um.com

Hadiat, & Syamsurijal. (2023). Dasar Dasar Manajemen. Bandung: Harfa Kreative.

Hardani, Andriani, H., & Ustyawati, J. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Hasan, A. W., & Hilmi, D. (2022). Manajemen Pelaksanaan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 75–90. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4602

Julianti, Susilawati, & Munir, D. R. (2022). Penggunaan Metode Dialog (Muhawaroh) dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII di MTs Daarul Ma’arif Purwakarta. Kalamuna, 3(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.52593/ klm. 03.2.06

Indra, K. (2010). Pengaruh Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja. Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 1-15.

Koderi, H. N. erlina, Utama, M., & Ramadhan, C. (2022). The Improvement of Arabic Learning Program in Realizing the World Class University. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 40–57. https://doi.org/10.24042/albayan.v

Latip, A., Rahmaniar, A., Purnamasari, S., Abdurrahman, D., & Lestari, W. Y. (2022). Pengembangan Pembelajaran dengan Proyek Kolaborasi Berbasis Pendidikan STEM di MTs Al Musaddadiyah Kab. Garut. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32. https://doi.org/10.52434/jpm.v1i1.1798

Lawal, M. B., & Obebe, B. J. (2011). Introduction to social studies. National Open University of Nigeria

Maimunah, I., Ainin, M., Muassomah, & Sanusi, A. (2022). Analisis Buku Ajar MI Berstandar ACTFL. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(2), 52–64. https://doi.org/: https://doi.org/10.36835/alfusha.v4i2.847

Makruf, I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Kabupaten Sukoharjo. Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(1), 79. https://doi.org/10.24865/ajas.v5i1.93

Mubiina Munief, M. F., Ayu Kamila, C., & Abdul Firman, R. (2021). Manajemen Pengembangan Kemampuan Bahasa Arab pada Madrasah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(09), 1563–1571. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i09.296

Mubin, F. (2020). Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Pendidikan Islam, 2(4), 1–17.

Muhammad, D. (2022). Implementasi Fungsi Actuating (Penggerakan/ Pelaksanaan) dalam Manajemen Program Bahasa Arab di MI Manarul Islam Malang. Mahira, 2(1), 13–32. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i1.194

Naila, S. (2022). Implementasi Metode Muhawaroh Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, III(2), 17–24.

Ningsih, E. F. (2023). Teori sosial kognitif tinjauan kritis teori pendidikan yang relevan bagi Indonesia. Humanika, 23(1), 21–26.

Nugroho, D. H. (2019). Manajemen Waktu Filosofi, Teori dan Implementasi (hal. 13). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles