Hubungan antara Kemampuan Menggunakan Adawat Al-Rabth dengan Kemampuan Insya’

  • Wildatul Muyasaroh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: ketrampilan menulis, bahasa Arab, kata hubung, menulis karangan

Abstrak

Salah satu keterampilan berbahasa Arab adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis dianggap keterampilan berbahasa arab yang paling sulit karena peserta didik harus memiliki kemampuan bahasa arab yang cukup, salah satunya yaitu memiliki kemampuan menggunakan Adawat al-Rabth dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menggunakan Adawat al-Rabth dengan kemampuan Insya’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis uji hubungan asosiatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah berupa tes tulis untuk mengetahui kemampuan insya’ dan berupa angket dengan skala Likert untuk mengetahui kemampuan menggunakan Adawat al-Rabth. Analisis data menggunakan rumus korelasi untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menggunakan Adawat al-Rabth dengan kemampuan Insya’ pada mahasiswa. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel, dimana nilai koefisien korelasi sebesar 0,674, menunjukkan bahwa terdapat “hubungan moderat” di antara keduanya. Artinya, semakin baik kemampuan siswa dalam menggunakan Adawat al-Rabth, maka semakin baik pula kemampuan insya’ mereka.   Temuan ini menghasilkan pengetahuan bagi para pengajar bahasa Arab bahwa kemahiran siswa dalam menulis bahasa Arab dipengaruhi oleh faktor kemampuan mereka dalam menggunakan Adawat al-Rabth.

Referensi

Afifah, Dewita Nur. (2020). Hubungan antara Kemampuan Menyimak dengan Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Studi Korelasi di MTs Darul Hikmah). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Al-Aziz, Muhammad Hasan Abd. (2003). Al-Rabt Biana al-Jumal. Mesir: Dar Al-Fikr Al-Arabi

Duli, Nikolaus. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Hadi, Sutrisno. (2018). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Percetakan.

Hasanah, Siti Urfatun. (2020). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Arab (Penelitian korelasi di MAN 3 Jakarta). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, H. I., & Putra, S. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab dengan Metode Insya’ Muwajjah: Studi pada Santri Kelas IX. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 755–774. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-20.

Hidayat, Nandang Sarip. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 86-87.

Nurhalizah. (2021). Tahlil al-Akhtha’ fi Istikhdam Adawat al-Rabth di al-Insya’. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nurhanifah, N. S. (2021). Problematika Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa Arab. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 643-650).

Rafi’ah, Aliyatur. (2019). Asaru Fahmi al-Qowaid al-Arabiyyah ala Qudrat al-Insya’. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ramadhan, R., Hilmi, D., & Azhari, A. (2023). Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Fitur Dan Pola Pengajaran. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 8(1), 47-58. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v8i1.4885

Rasyid, Yumna dan Syamsi Setiadi. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Sama (PBK). Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 91-108. https://doi.org/10.21009/parameter.291.09

Saepudin. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Trustmedia

Sudjino, Anas. (2000) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrum, dan Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Zabidin, Mohd Azizul Rahman Bin. (2021). Ttalazumiyah al-Rabth fi al-Kitabah al-Insyaiyyah Baina al-Uslub wa al-Tauzhif wa al-Maharah: Dirasah fi Maharah al-Kitabah li al-Nathiqin bin Ghair al-Arabiyyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5(2 November), 173-196.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles