Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif K.H. Ahmad Dahlan

  • Athiyah Laila Hijriyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Annindita Hartono Putri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sovinaz Sovinaz UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Rohmatun Lukluk Isnaini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: perspektif Ahmad Dahlan, pembelajaran Bahasa Arab, pendekatan humanistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab menurut K.H. Ahmad Dahlan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan (library research) dengan sumber data primer “Paradigma Pendidikan Berkemajuan: Teori dan Praksis Pendidikan Progresif Religius KH Ahmad Dahlan” yang mana dalam buku tersebut KH Ahmad Dahlan mengkaji metode dan pendekatan pengajaran baik agama islam, pengetahuan umum hingga Bahasa Arab. Sumber data sekunder yang berasal dari berbagai buku dan karya ilmiah yang mengkaji tentang tokoh tersebut. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan dianalisis dengan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab menurut K.H. Ahmad Dahlan menekankan pendekatan yang personal, interaktif, dan kontekstual. Pendekatan ini tidak hanya fokus pada penguasaan bahasa, tetapi juga pada pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh, mencakup aspek spiritual, moral, dan sosial. Terdapat tiga prinsip pembelajaran Bahasa Arab yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran Bahasa Arab kepada peserta didik dan memberikan latihan penguasaan keterampilan berbahasa Arab; bermain peran berbahasa dengan peserta didik sesuai dengan konteks masa kini; dan memberikan contoh penggunaan berbahasa Arab kepada para peserta didik. Selanjutnya, implementasi humanistik dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang relevan sesuai kebutuhan peserta didik seperti thariqah mubasyarah, program pertukaran pelajar, kelas imersi Bahasa dan interaksi peserta didik dengan penutur asli, penciptaan bi’ah lughawiyyah, dan menanamkan pemahaman mengenai konteks sosial dan budaya Arab.

Referensi

Abidin, Z. (n.d.). Filsafat Manusia (Memahami Manusia Melalui Filsafat). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Al-Fandi, H. (2011). Desain Pembelajaran Yang Demokratis dan Humanis. Yogjakarta: Arruz Media.

Ali, M. (2010). Humanisasi Pendidikan dalam Perspektif Islam. TASAMUH, 1(2).

Amalia, A. (2020). Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik). EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 25–42. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-02

Arbayah Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(3), 204–220.

Arta, I. G. A. J. (2021). Digitalisasi Pendidikan: Dilematisasi Dan Dehumanisasi Dalam Pembelajaran Daring Perspektif Filsafat Paulo Friere. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 96–107. http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/95

Bagoes Malik Alindra, A. M., & Amin, J. M. (2021). Tokoh-Tokoh Teori Belajar Humanistik Dan Urgensinya Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.

Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Baharuddin, Makin, M., & Shaleh, A. Q. (2007). Pendidikan humanistik (konsep, teori, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan). Ar-Ruzz Media Group.

Ekawati, D., & Arifin, A. (2022). Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, dan Implementasi. An Nabighoh, 24(1), 111. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fathul, M. (2010). Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab Dari Pendekatan Konvensional Ke Integratif Humanis. Yogyakarta: Pedagogia.

Jupri, A. R., & Sari, Z. (2022). Rehumanisasi Melalui Pendidikan Agama Menurut Perspektif Kh. Ahmad Dahlan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 18(2), 67–76. https://doi.org/10.31000/rf.v18i2.6843

Latifah, P. N., Habibi, M. D., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Konteks Pemikiran Paulo Freire Dan K.H ahmad Dahlan. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 103–116. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro

Lazuardi, L. (2020). Pendidikan Humanisme Dalam Dalam Persfektif Pendidikan Muhammadiyah. Forum Paedagogik, 10(2), 1–15. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v10i2.2810

Lenggono, W. (2018). Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia). Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), 43–62. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/2897

Maksudin & Nurani, Q. (2018). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pasca FITK UIN-SUKA.

Margono, S. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Asdi Mahasatya.

Muhajir. (2017). Filsafat Bahasa, Metode dan Pengembangan Kurikulum 1. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mujib, Z., & Suyadi. (2020). Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11–23.

Mustofa, A., & Thobroni, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Nadlifah. (2016). Muhammadiyah dalam Bingkai Pendidikan Humanis (Tinjauan Psikologi Humanistik). Al-Bidayah, 8(2), 139–154.

Rachmahana, R. S. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. El-Tarbawi, 1 (1), 99–114.

Slavin Robert E. (2020). Educational Psychology : Theory and Practice (Thirteenth). PRENTICE HALL.

Sormin, D., Aziz, M., Rahmayanti, M., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2022). Inovasi Pembaharuan Pendidikan Muhammadiyah. 683–700. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2357

Sugiharto, B. (2008). Humanisme dan Humaniora “Relevansinya dengan Pendidikan.†Jogjakarta: Jalasutra.

Supala, Dita Handayani, A. R. (1959). PENDIDIKAN HUMANIS KH AHMAD DAHLAN, KI HAJAR DEWANTARA DAN PAULO FREIRE. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Titin Fatimah, Didin Faqihuddin, F. A. (2022). KAJIAN TEORITIS PENDEKATAN HUMANISTIK (AL-MADKHAL AL-INSAN) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al Bariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(23), 1–19.

Yusuf, M. (2019). Kajian Teoritik Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik Di Madrasah Ibtida’iyah. Shaut Al Arabiyyah, 7(2), 132. https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.10752

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles