Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Media Quizizz

  • Noer Rohmah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: motivasi belajar, media pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, media Quizizz

Abstrak

Pendidikan tidak hanya disampaikan melalui pola tradisional saja, tetapi juga perlu pemanfaatan teknologi. Berkembangnya teknologi menuntut dunia pendidikan bisa mengikuti perkembangan, terutama terkait dengan penggunaan media pembelajaran agar tidak membosankan. Salah satu media pembelajaran yang menarik adalah Quizizz karena semi game serta dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Diponegoro Tumpang dan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus yang hasilnya antara lain; 1. Langkah-langkah menggunakan Quizizz untuk guru harus memiliki akun terlebih dahulu sedangkan siswa bisa langsung masuk browser dan memasukkan kode, 2. Faktor pendukung implementasi Quizizz adalah tampilannya menarik, ada sistem kompetisi, bisa digunakan untuk kerja tim. Faktor penghambatnya adalah siswa sering terkendala HP, tidak banyak guru yang mengenal dan menerapkan Quizizz dalam pembelajaran 3. Upaya untuk mengatasi hambatan dari implementasi Quizizz yaitu dengan menggunakan fasilitas yang disediakan sekolah, Quizizz sendiri telah mengupgrade menjadi lebih baik dan mengadakan pelatihan untuk para guru. Implikasi positif dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga Pendidikan.

Referensi

Aini, Yulia Isratul. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 2(1), 85-99.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap hasil belajar matematika: meta analisis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1873-1886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar : Teori dan Prosedur. Serang : Penerbit Laksita Indonesia.

Cicilia, Y., & Nursalim, N. (2019). Gaya dan Strategi Belajar Bahasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 138-149. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30.

Creswell, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Hamalik, Oemar. (2011). Media Pendidikan, Bandung : PT Citra Aditya Bakti.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994) . Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Thousand Oaks, CA: Sage.

Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Berbasis Daring di MI Al Muqorrobiyah. Waniambey, 2(1), 12-20.

Nuramanah, S., Iwan, C., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117-132. doi:10.36667/bestari.v17i1.474

Nurhidayah. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Akuntansi secara Online di Masa Pandemi Covid-19,” Skripsi, Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Panduan Menggunakan Quizizz untuk Guru Indonesia, Edisi Februari 2021.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S. ., Amanah, I. L. ., Istiqomah, N. A. ., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Setyaningsih, R., & Astono, J. (2021). Pengaruh Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri Karangpandan. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(4).

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Suciningsih. (2020). “Quizizz Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 Di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas.” Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles