Implikasi Pembelajaran Tutorial Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa

  • Khoirun Nasihin MAN 2 Mataram, Indonesia
  • Fakron Jamalin STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
  • Febri Yunita Ningsih STIT Darussalimin NW, Indonesia
Kata Kunci: program pembelajaran bahasa arab, pembelajaran intensif bahasa, peningkatan kemampuan

Abstrak

Tutorial pembelajaran bahasa Arab adalah program pengayaan pembelajaran bahasa Arab di luar jam formal pagi yang diperuntukkan bagi siswa MAN 2 Mataram yang tinggal di asrama. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran tutorial bahasa Arab tersebut dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) implikasi pembelajaran tutorial bahasa Arab tersebut terhadap kemampuan bahasa Arab siswa program keagamaan di MAN 2 Mataram. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik interaktif model Miles, Huberman, dan Saldana dengan tiga tahapan: kondensi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, data diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa fokus utama dari pembelajaran tutorial bahasa Arab di program keagamaan MAN 2 Mataram adalah penekanan pada kemahiran Qira’ah siswa, dengan tetap memperhatikan kemahiran berbahasa lainnya. Program tutorial pembelajaran bahasa Arab terbukti menjadikan siswa program keagamaan lebih unggul dalam bidang bahasa Arab dibandingkan siswa di jurusan lain, baik dari aspek kognitif, psikomotorik maupun afektif.

Referensi

Adawiyah, R., Prasetiya, B., & Rifhan Halili, H. (2022). Implementasi Metode Amtsilati Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning (Studi pada Santri Pondok Pesantren Nurus Salafiyah Kanigaran Kota Probolinggo). Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, 6(1). https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v6i1.183

Anwar, M. S., Saputra, R. J., & Machmudah, U. (2022). Implementation of Sorogan Method Based Java Pegon in Learning of Kutub At-Turats. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 91–102. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.4879

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, K. R. (2023). Juknis SNPDB MAN IC MAN PK MAKN 2024-2025. Kemenag RI.

Ghozin, A. H. A., & Khizanatul, H. (2023). Implementing Nazhoriyah Al-Wahdah in Arabic Language Learning: A Qualitative Study on Student Response and Implications. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11 no. 2(21-06–2023), 7–13.

Hidayah, N. (2020). Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pskolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Taqdir, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922

Indahsari, D. (2021). Ruang Lingkup dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/8472/1/29. INDAH ok.pdf

Kasim, A., Sakka, A. R., Pallawagau, B., & Rahim, A. (2023). Implementasi Teori Wihda dan Furu’iyah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern dan Shalaf Sulawesi Selatan. Shaut Al Arabiyyah, 11(1), 55–72. https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.37882

Mahbub, M., & Tauhidiyah, J. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Asrama Darul-Lughoh Al-Arabiyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1407

Mahmasoni, M. S. (2023). Efisiensi Hafalan Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam di Indonesia sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Usia Dini. Jurnal Penelitian Agama, 24(1), 63–70. https://doi.org/10.24090/jpa.v24i1.2023.pp63-70

Makbul, M., S, D. S., & Ahmad, L. O. I. (2022). Pengembangan Evaluasi Formatif dan Sumatif. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(1). https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.6788

Mandalika, M. (2023). Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Asrama Bahasa Arab Manhalun Nabighin. Jurnal Sathar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.38

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (H. Salmon (ed.); 3rd ed.). SAGE Publications.

Munif, M., Rozi, F., & Tusshalihah, R. (2023). Pembelajaran Kitab Amtsilati Dalam Meningkatkan Bakat Dan Minat Membaca Kitab Kuning Santri. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2). https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4973

Nurdin, G. M., Wahid, M., & Mardiana, M. (2023). Hubungan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Minat Meneruskan Pendidikan Peserta Didik. SAINTIFIK, 9(1). https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i1.421

Oktafia, A., Fadilah, F. N., & Zainuddin, A. (2023). Penerapan Metode Fun Learning untuk Menghafal Kosakata Bahasa Arab Siswa di Roudlotut Tholibin Kota Metro. Al Maghazi : Arabic Language in Higher Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.51278/al.v1i1.653

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka, 36 (2022).

Puspitasari, A., Apriliyanti, Y., & Mahmud, M. E. (2023). Kebijakan Pemerintah Dalam Penyediaan Asrama Di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK). Damhil Education Journal, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1947

Rachmawati, M. (2021). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Berbasis “Bi’ah Lughowiyyah” Mahasiswa Pba (Pendidikan Bahasa Arab) UHAMKA Jakarta (Strategi Dan Implementasi). Al-Fakkaar, 2(2), 62–81. https://doi.org/10.52166/alf.v2i2.2632

Rahmanudin, I., Anwar, M. S., Ahmad, B. M. B., & Qomari, N. (2022). Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Al Azhar 24 Boarding School. Taqdir, 8(2), 227–239. https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i2.13781

Rasyid, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di MTs. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 4(1). https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.704

Sari, A. P. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Qawaid & Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual Dan Metode Gabungan. Jurnal Tarbiyatuna, 3(2), 103–126.

Septiana, Y., Suryadi, & Anggia R, G. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 527–537. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.671

Setiawan, U. U., Atiqoh, & Karyono, H. (2023). Development of an Arabic E-Magazine on Jumla Ismiyah learning topics. Lisanan Arabiya, Vol. 07 No, 177–185. https://doi.org/10.32699/liar.v7vi2.5674

Sholehuddin, A., & Wijaya, M. (2019). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiro’ah. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 47. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.708

Siregar, Z. U., & Nurhakim, A. R. (2018). Implementasi Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 2(2). https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9550

Sugirma, S., Minabari, K. H., K., A., & Eku, A. (2022). Analisis terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 7107–7118. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3726

Syarifah, A. W. A. (2018). Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) MAN 3 Makassar. Shaut Al Arabiyyah, 6(1). https://doi.org/10.24252/saa.v6i1.5643

Tamaji, S. T. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SMP Al-Izzah Internasional Islamic Boarding School Batu. Al-Fakkaar, 2(1), 22–39. https://doi.org/10.52166/alf.v2i1.2335

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles