Identifying and Addressing Typographical Errors in Arabic Textbook for Madrasah Ibtidaiyah Students

  • Muhammad Ibnu Tamam Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Danial Hilmi Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muh. Naufal Fitra Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhammad Fahrudin Nur Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Kesalahan-kesalahan tipografi, Buku Teks, Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyyah

Abstrak

Kesalahan tipografi dalam buku teks dapat memengaruhi pemahaman dan penguasaan siswa terhadap bahasa Arab serta mencerminkan masalah kontrol kualitas materi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Buku teks bahasa Arab al-Lughah al-'Arabiyyah untuk kelas VI, misalnya, mengandung banyak kesalahan tipografi dan kebahasaan yang berpotensi menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan tipografi dalam buku tersebut, yang disusun oleh tim Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka serta teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 28 kesalahan tipografi yang tersebar pada bagian isi materi, tugas latihan, dan kosa kata. Kesalahan tersebut dikategorikan ke dalam morfologi, sintaksis, dan kesalahan tulis (kitabah). Sebagian besar kesalahan tipografi berupa kesalahan penulisan huruf atau harakat yang dapat mengubah makna, sehingga memerlukan perbaikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kontrol kualitas pada buku teks, khususnya dalam proses penyuntingan dan penyaringan sebelum publikasi. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi penerbit untuk memperbaiki kesalahan pada edisi mendatang, demi mendukung efektivitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.

Referensi

Abidin, M. Z., Ilmiyah, D. F., Naja, M. Z. B., & Taufiq, M. A. (2023). Analisis Kesalahan Morfologi dan Sintaksis pada Teks Buku Pembelajaran Bahasa Arab Prespektif Rusydi Ahmad Thu’aimah. Jurnal Keislaman, 6(2), 559–569. https://doi.org/10.54298/jk.v6i2.3937

Abubakari, M. S., Zakaria, G. A. N., Priyanto, P., & Triantini, D. (2023). Analysing Technology Acceptance for Digital Learning in Islamic Education: The Role of Religious Perspective on ICT. Journal of Computing Research and Innovation, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.24191/jcrinn.v8i1.344

Afandi, M. Y., & Sa’idah, R. (2023). Kesalahan Bahasa pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas IX MTs Semester Genap yang Disusun Oleh MGMP Kabupaten Kediri. Al-Wasil, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/alwasil.v1i2.2593

Altheneyan, A., & F. Boayrid, N. (2019). Writing Errors Among Arab EFL Learners: A Review of Literature. International Journal of Linguistics, 11(5), 319. https://doi.org/10.5296/ijl.v11i5.15294

Amin, A. F. A. (2022). Miftahuna Tarjamah Matan Al-Jurumiyah Dalam Bahasa Indonesia. Penerbit P4I.

Amjad, M. (2021). Practicing Error Analysis Techniques to Enhance Academic Essay Writing Skills. Journal of Development and Social Sciences, 2(III), 292–305. https://doi.org/10.47205/jdss.2021(2-III)26

Azhari, A. W. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiah Terbitan Karya Toha Putra. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(2), 125–136. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i2.24360

Farhat Jahara, S., & Hussein Abdelrady, A. (2021). Pronunciation Problems Encountered by EFL Learners: An Empirical Study. Arab World English Journal, 12(4), 194–212. https://doi.org/10.24093/awej/vol12no4.14

Fuad, B. (t.t.). Terjemah Imrithi Dan Penjelasannya. Mobile Santri.

Fuadiyah, R. A., & Taufiq, M. A. (2020). Analisis Kesalahan Teks Buku Pendidikan Bahasa Arab di Madrasah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(02), 151. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2009

Hadari Nawawi. (1993). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarga: Gadjah Mada University Press.

Hadi, S. (2018). Kamus Jamak Taksir: Arab-Indonesia, Indonesia-Arab. Yogyakarta: UGM PRESS.

Hiday, D., Safitri, R., & Alfan, M. (2021a). Kesalahan Morfosintaksis Pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 5 MI Terbitan Departemen Pendidikan Hidayatullah. Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1),1-5. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.477

Hiday, D., Safitri, R., & Alfan, M. (2021b). Kesalahan Morfosintaksis Pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 5 MI Terbitan Departemen Pendidikan Hidayatullah. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 1–5, https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.477

Hidayah, F. (2022). Analisis Kesalahan Bahasa (Tahlil Al Akhtha’) Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah Kelas IV. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3 (1), 111-123, https://doi.org/10.59689/incare.v3i1.398

Iffat Maimunah, Moh Ainin, Muassomah, & Anwar Sanusi. (2022). Analisis Buku Ajar MI Berstandar ACTFL. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 4(2), 52–64. https://doi.org/10.62097/alfusha.v4i2.847

Ikrima, I., Sunarko, A., & Alawiyah, L. (2024). Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Kelas VI Terbitan Kemenag dan Erlangga. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.55352/edu.v2i1.928

Kalee, S., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Error Analysis on the Use of Letters in Indonesian Paper Written By Thai Student. Journal of English Language Studies, 3(1), 113. https://doi.org/10.30870/jels.v3i1.2896

Karchmer-Klein, R. (2020). Improving Online Teacher Education: Digital Tools and Evidence-Based Practices. Teachers College Press.

Louis Ma’luf. (2002). Al-Munjid fii al-Lughah wa al-I’lam (Terbaru). Dar el-Masyreq.

Metri Dian Insani. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan Dalam Pembelajaran Pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81–93. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p81-93

Munawwir, A. W. (1997). Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia (Edisi kedua, cetakan keempat). Pustaka Progressif.

Mutohhari, F., Sutiman, S., Nurtanto, M., Kholifah, N., & Samsudin, A. (2021). Difficulties in Implementing 21st Century Skills Competence in Vocational Education Learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1229–1236.

Panhwar, I. A., Lohar, S. A., & Kalhoro, W. A. (2020). Investigating Errors on High School Students from Govt. Schools of Sindh:An Error Analysis Perspective. Journal of Education and Practice, 11(24), 99.

Paputungan, M., Noor, D. Dj., & Miolo, M. I. (2023). Bentuk-Bentuk Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(1), 246. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.1.246-268.2023

Rifai, M., & Suharto, T. (2020). The Error Analysis Of Arabic Pronunciation Of Students Choir In Singing Qasidah Busyra Lana. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 98–114. https://doi.org/10.15408/a.v7i1.14629

Ritonga, M., Asrina, Widayanti, R., Alrasi, F., Julhadi, & Halim, S. (2020). Analysis of Arabic Language Learning at Higher Education Institutions with Multi-Religion Students. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 4333–4339. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080960

Sayuti, M. (2023). Pengembangan Penilaian Hots Dalam Pembelajaran Maharah Istima’ Pada Buku Bahasa Arab Mi Kelas VI Kementerian Agama RI. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(2), 663. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.2646

Setiawan, A., Thohir, M., Dea, L. F., Alawiyah, I. T., & Jannah, A. (2022). Training in Making and Utilizing Mobile Learning-Based Learning Media Using “Rumah Belajar” Application. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(9), 953–964. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i9.2016

Suharto, T., & Fauzi, A. (2017). Analisis Kesalahan Sintaksis Dalam Buku Teks Bahasa Arab Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(1). https://doi.org/10.15408/a.v4i1.5274

Suwardi, S., Abdullah, M. F., & Achmad, S. (2023). The Effectiveness of Mufradat Cards in Arabic Learning Outcomes in Thematic Learning in Madrasah Ibtidaiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 7(1),14-30. https://doi.org/10.18326/lisania.v7i1.14-30

Tamam, M. I., Syafni, H., Rosyidi, A. W., & Fitra, M. N. (2024). A Beginner Book For Arabic Basic User: Analysys Al-Lughah Al-Arabiyah Book Chapter One Based On CEFR Standart. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 816-825 https://doi.org/10.35931/am.v7i2.4017

Usman, I. (2019). The Role of Arabic Language in Understanding the Teaching of Islam with Particular Reference to the Glorious Qur’an. EAS Journal of Humanities and Cultural Studies, 1(4), 265–269. https://doi.org/10.36349/easjhcs.2019.v01i04.012

Uswatul Hasanah. (2020). Bahasa Arab MI Kelas VI (Vol. 1–1). Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam.

Diterbitkan
2024-12-29
Bagian
Articles