Pembangunan Nilai Karakter Berbasis Rabbani pada Sistem Pendidikan di SMP IT Permata Kota Probolinggo

  • Anindya Putri Susanti Institut Ahmad Dahlan Probolinggo, Indonesia
  • Ulil Hidayah Institut Ahmad Dahlan Probolinggo, Indonesia
Kata Kunci: Manajemen sekolah, karakter Rabbani, pendidikan karakter, nilai Islami

Abstrak

Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Rabbani menjadi solusi dalam menghadapi tantangan krisis moral di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai karakter Rabbani dan Internalisasinya pada program pendidikan di SMP Islam Terpadu (SMPIT) Permata Kota Probolinggo. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai karakter Rabbani yang diterapkan, pelaksanaan program pendidikan karakter, serta teknik evaluasi yang digunakan dalam mendukung pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPIT Permata menerapkan nilai-nilai Rabbani seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan melalui integrasi dalam kurikulum, kegiatan keagamaan, dan ekstrakurikuler. Program pendidikan seperti pembacaan Al-Ma’surat, sholat berjamaah, dan kegiatan sosial berperan penting dalam internalisasi nilai-nilai tersebut. Evaluasi dilakukan dengan sistem poin yang mencerminkan perilaku siswa serta supervisi berkala untuk memastikan efektivitas program. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya manajemen sekolah dalam membangun karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islami, relevan dengan tantangan era digital. Temuan ini diharapkan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan karakter di berbagai institusi pendidikan.

Referensi

Aminati, K., Rokhmaniyah, & Chamdani, M. (2022). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1). 43-49. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55033

Amrah, S. (2018). Karakter Rabbani Sebagai Medium Pembentukan Kecerdasan Spiritual dalam Proses Pembelajaran (Sebuah Analisis Empiris pada SDIT Kota Palopo). Jurnal el-Tarbawi, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art1

Badruzzaman, A., Ainulyaqin, M. H., Miharja, M. N. D., Ermanto, E., & Fauzi, A. (2023). Membentuk Generasi Rabbani Dalam Mensyiarkan Ekonomi Islam Melalui Kegiatan Diklat Ekonomi Syariah Di Universitas Pelita Bangsa Bekasi. Jurnal Pelita Pengabdian, 1(2), 155-160.

Imban. (2022). Peran Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. SHES Conference Series, 5(5), 1132–1136. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84428

Kandiri, & Arfandi. (2021). Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.

Maisyaroh. (2022). Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dalam Mengoptimalkan Pengembangan Profesional Guru. Pidato Pengukuhan Guru Besar, Malang: Universitas Negeri Malang

Masnawati, E., Darmawan, D., & Masfufah, M. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305-318. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347

Muhammad Sulhan. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena Journal, 9(1), 159–172. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450

Payong, M. R. (2020). Zone of proximal development and social constructivism based education according to Lev Semyonovich Vygotsky. Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio, 12(2), 164-178. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.589

Puspitaningtyas, I., Satria, R., Maisyaroh, M., & Sumarsono, R. B. (2019). Implementasi kepemimpinan pembelajaran di satuan pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0. 126–134.

Qibtiah, E. A., Retnowati, R., & Laihad, G. H. (2018). Manajemen sekolah alam dalam pengembangan karakter pada jenjang sekolah dasar di School Of Universe. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 626-635. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.789

Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. In National Conference on Educational Assessment and Plolicy. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4

Shafwan, M. H. (2019). Pembentukan Karakter Rabbani Di Pesantren Al-Islam Lamongan. TADARUS, 8(1).

Siregar, A. K., Tobroni, T., & Faridi, F. (2023). Pembentukan Manusia Ihsan dan Karakter Rabbani Dalam Al-Qur'an an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001). 1219–1232. https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5940

Suharyat, Y., Ghofur, A., & Abdullah, A. (2022). Pendidikan Rabbani dalam Al-Qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 101–113. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.589

Suriana, S. (2023). Urgensi Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Rabbani Bagi Generasi Digital Native. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(3), 369-383. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i3.19293

Zainuri, R. D., & Masruroh, S. (2023). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMK Taruna Karya 2 Karawang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 1-14. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3004

Diterbitkan
2024-12-31
Bagian
Articles