Pengembangan Sumber Daya Manusia di Madrasah: Menyelaraskan Kompetensi Guru dengan Tujuan Institusi
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis manajemen dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga pendidikan Islam yang terletak di Purbalingga. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana langkah strategis yang diterapkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga untuk menyelaraskan pengembangan SDM guru dengan visi, misi, dan tujuan institusi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pengelola lembaga pendidikan yang dipilih secara purposive: kepala madrasah, wakil kepala madrasah, serta guru dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian mengungkap enam langkah strategis, yaitu: (1) sosialisasi dan pemahaman visi‑misi oleh guru; (2) integrasi program pengembangan SDM berbasis asesmen kebutuhan; (3) penguatan kompetensi pedagogik, karakter Islami, dan literasi teknologi; (4) penyelarasan penilaian kinerja dengan indikator keberhasilan institusi; (5) penekanan keberlanjutan melalui siklus evaluasi dan monitoring digital; dan (6) dukungan kebijakan konsisten dalam dokumen perencanaan strategis dan anggaran. Implementasi keenam langkah ini terbukti membangun keselarasan strategis (strategic alignment), meningkatkan profesionalisme dan spiritualitas guru, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan karakter siswa. Temuan ini memperkaya kerangka Strategic Human Resource Development dengan menambahkan dimensi religius dalam konteks pendidikan Islam, sekaligus menghasilkan model konseptual enam langkah yang adaptif untuk madrasah.
Referensi
Armstrong, M. (2009). Armstrong's handbook of performance management: An evidence-based guide to delivering high performance. Kogan page publishers.
Azizah, M., & Apdila, M. N. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 73–84. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.90
Boyatzis, R. E. (2011). Learning life skills of emotional and social intelligence competencies. M. London, The Oxford Handbook of Lifelong Learning, 91-101.
Bush, T. (2003). Theories of educational leadership and management. sage.
David, F. R. (2011). Strategic management concepts and cases. Prentice hall.
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Garavan, T.N. (1991), "Strategic Human Resource Development", Journal of European Industrial Training, Vol. 15 No. 1. https://doi.org/10.1108/EUM0000000000219
Hanif, M. (2023). Philosophical Review of Avicenna’s Islamic Education Thought. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 2(6), 1–16. https://doi.org/10.46799/ajesh.v2i6.71
Hanif, M., Mukroji, Suwito, H., Mubaroq, A. C., & Dharin, A. (2024). Pesantren Resistance To Indonesia’S National Curriculum To Defend Its Curriculum Model. Revista de Gestao Social e Ambiental, 18(7), 1–32. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-049
Harwood, T., & Clarke, J. (2006). Grounding continuous professional development (CPD) in teaching practice. Innovations in Education and Teaching International, 43(1), 29-39. https://doi.org/10.1080/14703290500467400
Hulkin, M., Zulhijrah, Z., Bella, S., & Shaleh, S. (2024). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia pada abad 21. Ideguru: jurnal karya ilmiah guru, 9(3), 1313-1319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.814
Jamaludin, S., Mulyasa, E., & Sukandar, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah study deskripsi di SMP IT Al-Futuhiyah Kecamatan KarangTengah Kabupaten Garut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 13–27. https://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/ilpen/article/view/15
M. Alwi AF. (2024). Pengembangan Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Swasta. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 258–273. https://doi.org/10.70287/epistemic.v3i2.14
Maisura, M., Ulandary, Y., Murnaka, N. P., Azhari, D. S., Erliana, L., & Ahyani, E. (2023). Strategi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di era digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2733-2747. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.593
McArdle, K., & Coutts, N. (2010). Taking teachers' continuous professional development (CPD) beyond reflection: Adding shared sense-making and collaborative engagement for professional renewal. Studies in continuing education, 32(3), 201-215. https://doi.org/10.1080/0158037X.2010.517994
Miles, M. B. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Noor, W. (2017). Mengintegrasikan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 153–167. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1786
Pendidikan, D. (2005). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Pustaka Pelajar.
Sutiawan, S., & Fauzan, A. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Alam Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11 (1), 39–49.
Tilaar, R., Mekel, P. A., & Tarore, R. N. (2014). Analisis Komitmen Organisasi, Pengembangan Karir Dan Pemberdayaan Terhadap Kepuasan Kerja Pada Kantor Badan Pengelola Perbatasan Kepulauan Sangihe. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 991–1000.
Ulrich, D., & Dulebohn, J. H. (2015). Are we there yet? What's next for HR?. Human resource management review, 25(2), 188-204. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2015.01.004
Wardani, K. (2010). Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI, 8–10.
Werner, J. M. (2014). Human resource management and HRD: connecting the dots or ships passing in the night?. In The Routledge companion to human resource development (pp. 89-98). Routledge.
Wibowo, A., & Noor, M. (2024). Optimalisasi manajemen human capital di lembaga pendidikan Islam: Strategi pengembangan SDM berbasis nilai-nilai Islam. Jurnal Inovasi Keuangan dan Manajemen, 5(4).
Widodo, W., & Sriyono Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 7–12.
Yusaini, Adi Prakoso, W., & Sulastri. (2023). Tantangan Dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 194–215. https://doi.org/10.32505/azkiya.v