Strategi Inovatif Guru dalam Menerapkan CLIL untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren
Abstrak
Penelitian ini mengkaji inovasi pembelajaran Bahasa Arab melalui Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang diterapkan oleh guru-guru di Pondok Pesantren Darul Ukhuwah Putri 2 Malang. Isu penting yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minat belajar Bahasa Arab yang sering dianggap sulit dan monoton, serta kebutuhan untuk meningkatkan relevansi dan keberhasilan pengajaran bahasa dalam konteks pendidikan keislaman. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi relevan untuk dibahas guna mengeksplorasi bagaimana CLIL dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut dan mencapai tujuan pondok dalam mencetak santri yang mahir berbahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan para guru, observasi kelas, dan analisis dokumen terkait. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara komprehensif pengalaman guru, strategi pembelajaran yang diterapkan, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi CLIL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CLIL secara signifikan meningkatkan motivasi guru karena pembelajaran terasa lebih bermakna dan kontekstual. Guru menerapkan strategi beragam mulai dari penyusunan silabus terpadu, penggunaan metode variatif, media visual, pendekatan komunikatif, scaffolding, hingga evaluasi terpadu di kelas. Meskipun demikian, tantangan seperti heterogenitas pemahaman siswa, kesulitan mengartikan kosakata tafsir, dan adaptasi guru dari luar pondok juga ditemukan. Secara keseluruhan, CLIL terbukti mampu membangkitkan minat belajar Bahasa Arab siswa dan meningkatkan keterampilan berbahasa mereka secara alami, mendukung tercapainya tujuan pendidikan pondok pesantren.
Referensi
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Ariawan, J., Astuti, D., Harsapranata, A. I., & Ramadhayanti, A. (2022). Peran Penguasaan Bahasa Inggris Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(2), 135–142.
Baroroh, R. U., & Tolinggi, S. O. R. (2020). Arabic learning base on a communicative approach in non-pesantren school/Pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif di madrasah non-pesantren. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8387
Bartlett, L., & Vavrus, F. (2016). Rethinking case study research: A comparative approach. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781315674889/rethinking-case-study-research-lesley-bartlett-frances-vavrus
Coyle, D., Hood, P., & Marsh, D. (2010a). 1 A window on CLIL. Cambridge University Press https://oxico.sk/lg/aj/assets/ukazky/clil.pdf
Coyle, D., Hood, P., & Marsh, D. (2010b). CLIL: Content and Language Integrated Learning (First). Cambridge University Press.
Karabassova, L. (2022). Teachers’ conceptualization of content and language integrated learning (CLIL): Evidence from a trilingual context. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 25(3), 787–799. https://doi.org/10.1080/13670050.2018.1550048
Lai, C.-J. (2024). Examining the impact of multimodal task design on English oral communicative competence in fourth-grade content-language integrated social studies: A quasi-experimental study. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 9(1), 64. https://doi.org/10.1186/s40862-024-00289-7
López-Medina, E. F., & Casado Casado, J. M. (2024). CLIL, a competence-based coping strategy against foreign language anxiety in higher education. Discover Psychology, 4(1), 68. https://doi.org/10.1007/s44202-024-00187-6
Macaraeg, J. M., Gallego, M. C., Ferrera, R. E., & Ulla, M. B. (2024). Social Sciences & Humanities Open. Journal of Social Sience and Humanities Open, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101165
Murtafi’ah, B., Ardini, A. S., Prasetya, W., Al Ghaniy, R. M., & Putri, D. F. (2024). Peningkatan Kompetensi English Speaking dan Komunikasi Kolaboratif Pada Siswa-Siswi MAN 3 Sleman Melalui Mayoga English Camp. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3498
Nurkhin, A. (2014). Strategi Content and Language Integrated Learning (CLIL) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Biaya. Dinamika Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.15294/dp.v9i2.4889
Nurwachidah, U. (2024). Implementasi Kurikulum Ganda Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Siswa Di SD Islam Darush Sholihin Nganjuk. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8(2), 440–453. http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3488
Ozdemir, H. (2024). CLIL in Mathematics: An experiment in developing mathematical literacy in secondary education in Turkey. E-TEALS: An e-journal of Teacher Education and Applied Languages Studies, 16, 43–63.
Pramesti, A., Ritonga, A. D. J., Azkia, M. W. F., & Nasution, S. (2025). Mengungkap Faktor Penghambat dan Solusi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Al-Hijrah Kelas IX. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 209–223. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1958
Sari, A. (2024). The practices of clil at two private primary schools: A multiple case study [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/346190/
Sumartana, I. M., Subiyanto, P., & Sukra, I. N. (2024). The Development of English Language Learning Model Using Project-Based CLIL Approach to Improve Students’ English Language Competence. International Conference on Sustainable Green Tourism Applied Science-Social Applied Science 2024 (ICoSTAS-SAS 2024), 219–227. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icostas-sas-24/126007559
Sunnatillayevna, Y. A. (2024). Adapting Clil Methodology For Higher Education In Technology Fields. Journal of Modern Educational Achievements, 11, 264–268.
Sutiyo, M. H. (2024). Peran Kompetensi Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Pemahaman Mendalam Santri Terhadap Al-Qur’an dan Hadits. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 280–295. https://doi.org/10.51339/akademika.v6i2.3088