Upaya Peningkatan Kompetensi Manajerial Mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pesantren
Abstrak
Di tengah urgensi menghasilkan lulusan yang adaptif dan kompeten di era globalisasi, penelitian ini mengkaji implementasi praktikum manajerial yang terintegrasi nilai-nilai Islam di Perguruan Tinggi Islam berbasis pesantren, yang masih menjadi celah dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi dan kontribusi program Praktikum Manajemen Pendidikan Islam (PMPI-II) dalam meningkatkan kompetensi manajerial mahasiswa di lingkungan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif (peneliti sebagai Dosen Pembimbing Lapangan/DPL), dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian terdapat empat strategi utama PMPI-II: identifikasi kebutuhan & perencanaan program, pelaksanaan, koordinasi & komunikasi aktif, serta monitoring & evaluasi berkala. Strategi ini menunjukkan keselarasan dengan prinsip manajemen program, perencanaan strategis, dan Stakeholder Theory. PMPI-II secara signifikan berkontribusi pada peningkatan keterampilan perencanaan, pelaksanaan tugas administratif, komunikasi, dan koordinasi mahasiswa. Melalui experiential learning, program ini juga membentuk karakter profesional Islami, mendorong adaptasi terhadap kultur pondok, serta menanamkan nilai ta'dzim (penghormatan) dan musyawarah. Implikasinya, PMPI-II menjadi model efektif pengembangan kompetensi manajerial berbasis nilai di lingkungan pesantren.
Referensi
Ahmad, M., & Harahap, M. (2020). Relevansi Tradisi Pondok Pesantren Dalam Membentuk Sikap Ta’dzim Santri Di Pondok Pesantren Dar El-Himkah Kota Pekanbaru. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 96–121. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.184
Alfian Erwinsyah, & Putriani L. Maliki. (2021). Pengembangan Perangkat Praktik Latihan Profesi (Plp) Berbasis Riset Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasisw. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 126–144. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2190
Harta, R., Agus Diana, B., Susanti, E., & Utami, S. B. (2022). Desain Pedoman Praktikum Berbasis Experiental LearningMenggunakan Multimedia Digital di Era Kampus Merdeka. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(1), 1–11. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
Hidayat, M. C., & Syam, A. R. (2020). Urgensitas perencanaan strategis dan pengelolaan sumber daya manusia madrasah era revolusi industri 4.0. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2100
Ifendi, M. (2020). Kompetensi Manajerial Mahasiswa Prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan. Jurnal Tarbawi Stai Al Fithrah, 09(01), 39–58. https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/140/110
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development ((Second).). Pearson Education.
Lexy J. Moleong. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Matius B. Miles, A. Michael Huberman, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysisi A Methods Sourcebook,. SAGE Publication Inc.
Mufidah, H. (2018). Manajemen Pendidikan Islam Institut Pesantren Sunan Drajat Dalam Program Latihan Profesi (PLP). MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 1(1), 13–20. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/2/2
Nasukah, B., Sulistyorini, & Winarti, E. (2020). Peran Komunikasi Efektif Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 04 No, 81–93. https://core.ac.uk/reader/322565490
Nugraha, M. S., Mudriansah, A. S., Alih, D., Widianengsih, R., Aisyah, Y. S., & Hp, N. (2025). Strategi Adaptasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Islam di Era Disrupsi Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovas, 5(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1567
Purnami, R. S., & Rohayati, R. (2016). Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Pengembangan Softskills Mahasiswa Yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen Dan Bisnis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3511
Safitri, B., & Mujahid, N. S. (2024). Komunikasi Efektif dalam Organisasi. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(3), 309–316. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i3.318
Siregar, I., Anwar, K., & Munte, R. S. (2024). Isu-Isu Global Pemagangan Life Skill World Class. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 12887–12895. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/34247/22747
Siswanto, Bahri, S., & Bastian, D. (2022). Kontribusi Mahasiswa dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dalam Kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). Evaluasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 06 no 2. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.993
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya, Vol 4, No(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Wahyunisfah, I. (2024). Pengembangan Kegiatan Musyawarah Melalui Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Ilmu Fikih Di Ma’had Aly Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. JSP: Jurnal Studi Pesantren, 4(1), 29–50.
Yin, R. K. (2015). Studi Kasus Desain dan Metode. PT. Raja Grafindo.