Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Pesantren
Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Pesantren
Abstract
Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Sedangkan Jika diteliti lebih lanjut, pendidikan karakter di Indonesia merupakan lagu lama yang diputar kembali. Dulu, pendidikan karakter pernah diterapkan dengan nama pendidikan budi pekerti di sekolah-sekolah. Salah satu lembaga pendidikan yang sejak dulu dan hingga saat ini masih dianggap menanamkan pendidikan karakter adalah pondok pesantren. Seiring dengan itu, banyak lembaga pendidikan yang mengadopsi pola pendidikan Pondok Pesantren. Bahkan pola pendidikan di Pondok Pesantren telah menjadi inspirasi di Luar Negeri (Jepang) dengan model Boarding School maupun Lesson Study. Berangkat dari fenomena itu peneliti tertarik untuk mempelajari lebih dalam bagaimana pendidikan karakter dalam perspektif Pendidikan pesantren.
References
Azizy, Qodri A. Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: Aneka Ilmu, 2003.
Azra, Azyumardi. Pendidikan islam tradisi dan modernisasi menuju millennium baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
Daulay, Haidar Putra. Historisitas dan eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2001.
Depag RI. Alquran dan terjemahnya. Jakarta : Depag, 2009.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1985.
Elfindri. Pendidikan Karakter “Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media Jakarta, 2012.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.
Hasbullah. Sejarah pendidikan islam di Indonesia. Jakarta: LSIK, 1999.
Jess Feist, Gregory. Teori kepribadian “Theories of Personalityâ€, Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Kemendiknas. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta; Balai pustaka, 2010.
Koesoema, Doni. Pendidikan karakter strategi mendidik anak di jaman global. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Lickona, Thomas. Educating for Character; Mendidik untuk membentuk karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.
Madjid, Nurkholis. Bilik-bilik pesantren, sebuah potret perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1992.
Mastuhu. Dinamika sistem pendidikan pesantren. Jakarta INIS, 1994.
Megawangi, Ratna. Pendidikan karakter. Solusi tepat untuk membangun bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation, 2004.
Muhammad, Sayyid. Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan, 2007.
Mun’im, Abdul Ibrahim. Mendidik anak perempuan. Jakarta: Gema insani press, 2005.
Pranomo, M. Bambang. Mereka Berbicara Pendidikan Islam (sebuah bunga rampai). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
Simanjuntak, IP. Perkembangan pendidikan di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1973.
Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah pendidikan islam dalam kurun modern. Jakarta: LP3ES, 1994.
Sumantri, Endang. Pendidikan karakter. Nilai inti bagi upaya pembinaan Kepribadian bangsa. Bandung: Lab PKn UPI, 2011.
Syarbini, Amirullah. Buku pintar pendidikan karakter. Jakarta: Asa prima pustaka, 2012.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Urban, Hal. Positive words, powerful results. Jakarta: Buana ilmu populer, 2004.
Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan tradisi esai-esai pesantren. Yogyakarta: Elkis, 1999.
Ziemek, Manfred. Pesantren dan perubahan social. Jakarta: P3M, 1986.