KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF-INTERKONEKTIF PERSPEKTIF KITAB WADHAIF AL-MUTA'ALLIM
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji kitab Wadhaif al-Muta'allim karya KH. Zainal Abidin Munawwir Krapyak Yogyakarta. Tujuan penelitian difokuskan untuk menggali konsep pendidikan islam integratif-interkonektif yang terdapat dalam kitab Wadhaif al-Muta'allim, baik secara eksplisit maupun implisit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Oleh karena itu, pengumpulan data dilakukan hanya dengan dokumentasi dan wawancara. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah analisis isi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa semua ilmu, baik ilmu agama ataupun umum, menurut Wadhaif al-Muta'allim bersumber dari Allah Swt. Oleh karena itu, Wadhaif al-Muta'allim menganjurkan agar tidak mempelajari satu ilmu saja dan meninggalkan yang lain. Selain itu, Wadhaif al-Muta'allim membagi ilmu menjadi tiga jenis, yaitu ilmu agama, ilmu lisan, dan ilmu kehidupan. Ilmu agama menjadi poros utama dalam pendidikan islam dengan didukung dan ditunjang oleh ilmu lisan dan ilmu kehidupan. Dalam praktik pendidikan, ketiga ilmu tersebut harus saling bertegur sapa dan bahu membahu satu sama lain untuk mewujudkan muslim yang cendekia dan berkahlak mulia.Â
References
Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Paradigma Integratif-Interkonenktif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Abdurrahman, Soejono. Metode Penelitian Waktu, Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.
Bakker, Anton & Ahmad Harith Zubair. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1990.
Beti Yanuri Posha, Perkembangan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan, Jurnal Historia Volume 3, Nomor 2, Tahun 2015: 75-82
El Fiah, Rifda. Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Ala Abdul Malik Fadjar (Refleksi Wacana Dan Konstruk Sejarah Pemikiran. Jurnal Analisis, Volume XI, Nomor 2, Desember 2011: 313-336
Hidayat, Muslih. Pendekatan Integratif-Interkonektif; Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ta’dib, Vol. XIX, No. 02, November 2014: 276-287
http://kbbi.web.id/interkoneksi
http://www.almunawwir.com/2014/11/jejak-langkah-mbah-zainal.html diakses pada 30 September 2016
Ibn Mandhur, Muhammad. Lisan al-‘Arab Jilid I. Beirut: Dar Shadir, t.th.
Kurdy, Kumpulan Khutbah Jum’at KH. Zainal Abidin Munawwir. Yogyakarta: Maktabah Al-Munawwir, t.th.
Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Muliawan, Jasa Ungguh. Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu Dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Munawwir, Zainal Abidin. Wadhaif al-Muta’allim.Yogyakarta: Maktabah Al-Munawwir, t.th.
Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Majma’ al-Lughat al-‘Arabiyyah. Al-Mu’jam al-Falasafi. Kairo: al-Haiat al-‘Ammah li Syu’un al-Mathabi’ al-Amiriyyah, 1989.
Copyright (c) 2017 Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dari artikel yang diterima oleh Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman bisa disebarkan untuk publik