PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MODEL BOARDING SCHOOL KABUPATEN LAMONGAN
Abstract
Kurikulum merupakan cetak biru lulusan suatu satuan pendidikan, corak lulusan tergantung bagaimana kurikulum tersebut dikembangkan, termasuk didalamnya adalah kurikulum PAI. Pembelajaran PAI merupkan pembelajaran yang sangat urgen dalam dunia pendidikan. Banyak harapan dan tumpuan pada PAI di sekolah untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta berkahlaq mulia, namun nyatakanya pembelajarn PAI di sekolah cukup mendapat banyak sorotan dari para kalangan. Artikel ini mencoba memberikan gambaran tentang kurikulum PAI yang ada di Sekolah Model Boarding School di kabupaten Lamongan yang telah berhasil mengembnagkan kurikulum PAI dengan baik, mulai dari konten kurikulum PAI, proses pengembangan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengembngan kurikulum PAI. Â
References
Abdulah Idi, Pengembngan kurikulum Teori dan Praktek , Jakarta: PT Rajagrafindo, 2014
____________, Pengembngan kurikulum, Yogyakarta: Arruz, 2007
Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004
¬¬¬¬¬____________, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Islam di Indonesia,Jakarta: Kencana Prenada Media 2010
Ainur Rofiq Dawam, Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Bebasis Pesantren, Listafariska, 2005
Amin Haedari dkk, Masa Depan Pesantren. Jakarta: IRD Press, 2004
Amin Haedari, Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Moderen. Jakarta: Diva Pustaka, 2004
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Jakarta: Rineka Cipta
Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ri, 2014
Hasan, S. Hamid, Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2002
Hasbullah , Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1996
John M. Echols, Hasan Shadili, An English-Indonesian Jakarta: Gramedia, 1996
Jon Wiles and Joseph Bondi, curiiculum Development a Guide to Practice, (Inew Jersey: Pearson Education, inc, 2002
M. Habib Chirzin, “Agama, Ilmu dan Pesantren†dalam M.Dawam Raharjo (ed), Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES),
Madjid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan mplementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Rosdakarya, 2005
Mastuhu, Dinamika Sistem pendidikan Pesantren; Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
____________, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2004
____________, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004
_____________, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Muhammad Kholid Fathoni, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional [paradigma Baru], Jakarta: Departemen Agama RI, 2005
Muhibbuddin, “Modernisasi Manajemen Pendidikan Pesantren†Mozaik Pesantren, Edisi 02/Th.I/November 2005
Nana Saodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000
Nana Sujana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung: Sinar baru. 1989
Nana Syaodih, pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Bandung : Pustaka Setia, 1998
Oemar Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008
Ramayulis, Ilmu Pendidikanm Islam, jakarta: Kalam Mulia, 2006
Satono Kartodirejo, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Koentjoro Ningrat (ed) (Jakarta: Grafindo, 1986
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008
Sutrisno Hadi, Metode Research II, Yogyakarta: Andi Offset, 2000
Taufiq, Sholla dkk, Madrasah Lebih Baik Madrasah The Best Choive, Jakarta:
Tayar yusuf dalam Abdul Madjid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan mplementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Rosdakarya, 2005
Tedjo Narsoyo Reksoatmodjo, Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Tim Penyususn, Profil SMA Unggulan BPPT Al Fattah (Siman: YPPF, 2007)
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Cet. VII; Jakarta: Balai Pustaka, 1984
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Zakiah Daradjat, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta; gunung Agung, 1989
Undang-Undang NO 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 11
Lampiran 1, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
Lampiran 2, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
Lampiran 3, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006), hlm.07-09
Dokumen SMP Simanjaya TP 2016/2017
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006
Dokumen Kurikulum SMP SIMANJAYA Sekaran Lamongan TP. 2016/2017
Dokumen Kurikulum MTs Fathul Hidayah Maduran Lamongan TP. 2016/2017
Dokumen Kurikulum SMA Unggulan BPPT Al-Fattah Lamongan TP. 2016/2017
Dokumen Kurikulum MA Fathul Hidayah Lamongan TP. 2016/2017
Media Indonesia, 18 Jan. 2009
http://ditpdpontren.kemenag.go.id diakses pada tanggal 10 September 2016
http://oxforddictionaries.com/
http://kbbi.web.id/sekolah. Diakses pada tanggal 10 September 2016
Copyright (c) 2017 Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dari artikel yang diterima oleh Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman bisa disebarkan untuk publik