PERAN PENTING MASYARAKAT DALAM PARTISIPASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH
Abstract
The role of the community to madrasah is important to create an qualified Islamic education that is participation in participating to develop the quality of education, participation among communities can do are (1) Community participation in management; include public participation in drafting the madrasah and public participation in appointment of school principals, school committees and others. (2) Public participation in the curriculum; include public participation, in implementing local curriculum, and community participation in the determination of the holiday. (3) Public participation in student recruitment; done by some community leaders to work together with teachers, before the New Year or before the lesson. (4) Public participation in the provision of funds, facilities and infrastructure; includes funding for the implementation costs for the provision of education facilities and infrastructure. (5) Public participation in the course of religious life in the madrasah. This participation of community leaders’ participation in religious activities in Madrasah. (6) Public participation in employment.References
Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an, terj H M Arifin dan Zainudin, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: al-Ma’arif, 1980
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000
Ali Yafie, Mengupas Fiqih Sosial Dari Sosial lingkungan Hidup: Asuransi Hingga Ukhuwah, Bandung: Mizan, 1995
B Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004
David G Burnalik, ed, Webster New World Dictionary, New York: A Warner Communication Company, 1984
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: CV. Alwaah 1993
E Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002
E Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesioanal dalam Konteks Menykseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
F.J. McDonald, Educational Psycology, San Fransisco, California, USA: Wadsworth ubPlishing Co., Inc., 1959
GR Terry dan LW Rue, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
H.A.R. Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Harun Nasution, Islam Rasional (Gagasan dan Pemikiran), (Bandung: Mizan, 1998
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan: Umum dan Agama Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persad
Ibtisan Abu Duhou, School-Based Management, terj Noryamin Aini, dkk, Jakarta: Logos, 2002
Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Imam Jalaludin al-Mahlly dan Imam Jalaludin As-Suyuti, Tafsir Jalalin, jilid I, penerjemah: Balyan Abu Bakar, dkk, (Bandung: Sinar Baru, 1999
Jerom W Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Munzier Suparta, Ilmu Hadis,Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2003
Moh Idochi Anwar, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan (Teori, Konsep dan Issu), Bandung: Al-Fabeta, 2004
Mustafa al-Ghulayani, Iddatun Nasyi’in, Beirut: Maktabah Asriyah li al-Taba’at wa al-Nasyr, 1953
M. Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1996
Malayu SP Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
M Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, : Teori, Mode dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2003
Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992
Qodri A Azizy, Pendidikan (Agama) Untuk Membangaun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Untuk Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat), Semarang: CV Aneka Ilmu, 2003
RA Santoso Sastropoetro, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional, Bandung: Alumni, 1988
Syaiful Sagala, Manajemen Berbasis Sekolah Dan Masyarakat Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, Jakarta: PT Nimas Multima, 2004
S Nasution, Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 1993
Soebagio Admodiwirio, Manjemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Ardadizya Jaya 2000
Suyanto, Optimalisasi Peran Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan, Semarang: Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan, 2003
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Tengku Hasbi Ash-Shiddieqi, Pengantar Ilmu Fikih, Semarang:Riski Putra,1999
Umar Tirtorahardjo, et al, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Rineka Cipta, 1998
Usman Abu Bakar – Surohim, Fungsi Ganda Lembaga Penidikan Islam (Respon Kreatif Terhadap Undang-Undang Sisdiknas), Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2005
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Penjelasannya, Jogjakarta: Media Wacana Press, 2003
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Zuhairini, dkk, Metode Khusus Pendidikan Agama, (Malang: Biro Alamiah FT IAIN Sunan Ampel, 1991), 13.
Copyright (c) 2016 Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dari artikel yang diterima oleh Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman bisa disebarkan untuk publik