PERAN PENTING MASYARAKAT DALAM PARTISIPASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH

  • Hartono Hartono STAI AL HIKMAH TUBAN
Keywords: The role of the community, the quality of Islamic education

Abstract

The role of the community to madrasah is important to create an qualified Islamic education that is participation in participating to develop the quality of education, participation among communities can do are (1) Community participation in management; include public participation in drafting the madrasah and public participation in appointment of school principals, school committees and others. (2) Public participation in the curriculum; include public participation, in implementing local curriculum, and community participation in the determination of the holiday. (3) Public participation in student recruitment; done by some community leaders to work together with teachers, before the New Year or before the lesson. (4) Public participation in the provision of funds, facilities and infrastructure; includes funding for the implementation costs for the provision of education facilities and infrastructure. (5) Public participation in the course of religious life in the madrasah. This participation of community leaders’ participation in religious activities in Madrasah. (6) Public participation in employment.

References

Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an, terj H M Arifin dan Zainudin, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: al-Ma’arif, 1980

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000

Ali Yafie, Mengupas Fiqih Sosial Dari Sosial lingkungan Hidup: Asuransi Hingga Ukhuwah, Bandung: Mizan, 1995

B Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004

David G Burnalik, ed, Webster New World Dictionary, New York: A Warner Communication Company, 1984

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: CV. Alwaah 1993

E Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002

E Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesioanal dalam Konteks Menykseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

F.J. McDonald, Educational Psycology, San Fransisco, California, USA: Wadsworth ubPlishing Co., Inc., 1959

GR Terry dan LW Rue, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

H.A.R. Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Harun Nasution, Islam Rasional (Gagasan dan Pemikiran), (Bandung: Mizan, 1998

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan: Umum dan Agama Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persad

Ibtisan Abu Duhou, School-Based Management, terj Noryamin Aini, dkk, Jakarta: Logos, 2002

Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Imam Jalaludin al-Mahlly dan Imam Jalaludin As-Suyuti, Tafsir Jalalin, jilid I, penerjemah: Balyan Abu Bakar, dkk, (Bandung: Sinar Baru, 1999

Jerom W Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Munzier Suparta, Ilmu Hadis,Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2003

Moh Idochi Anwar, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan (Teori, Konsep dan Issu), Bandung: Al-Fabeta, 2004

Mustafa al-Ghulayani, Iddatun Nasyi’in, Beirut: Maktabah Asriyah li al-Taba’at wa al-Nasyr, 1953

M. Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1996

Malayu SP Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

M Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, : Teori, Mode dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2003

Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992

Qodri A Azizy, Pendidikan (Agama) Untuk Membangaun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Untuk Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat), Semarang: CV Aneka Ilmu, 2003

RA Santoso Sastropoetro, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional, Bandung: Alumni, 1988

Syaiful Sagala, Manajemen Berbasis Sekolah Dan Masyarakat Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, Jakarta: PT Nimas Multima, 2004

S Nasution, Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 1993

Soebagio Admodiwirio, Manjemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Ardadizya Jaya 2000

Suyanto, Optimalisasi Peran Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan, Semarang: Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan, 2003

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Tengku Hasbi Ash-Shiddieqi, Pengantar Ilmu Fikih, Semarang:Riski Putra,1999

Umar Tirtorahardjo, et al, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Rineka Cipta, 1998

Usman Abu Bakar – Surohim, Fungsi Ganda Lembaga Penidikan Islam (Respon Kreatif Terhadap Undang-Undang Sisdiknas), Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2005

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Penjelasannya, Jogjakarta: Media Wacana Press, 2003

Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

Zuhairini, dkk, Metode Khusus Pendidikan Agama, (Malang: Biro Alamiah FT IAIN Sunan Ampel, 1991), 13.

Published
2014-09-16
How to Cite
Hartono, H. (2014). PERAN PENTING MASYARAKAT DALAM PARTISIPASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 4. https://doi.org/10.36835/hjsk.v4i2.389
Section
Articles