PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI DESA BANGERAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK

  • Khunafah Khunafah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nelud Drajatul Aliyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Learning Achievement, Learning Independence, Learning Environment

Abstract

Education plays a very important role as the main basis for forming human resources who have superior quality and potential. However, the low economic learning achievement of students in the learning process is due to the fact that many students are not yet independent in learning. If student learning independence and the student learning environment also have high motivation, learning achievement will increase, thereby fostering student activity at school and also generating ideas. brilliant ones that raise the quality of education. This research aims to investigate the impact of independent learning and the learning environment on student learning achievement at Public Elementary School Bangeran Village, Dukun District, Gresik Regency. By involving 60 students as research samples, sampling was carried out by census. Data was collected through the distribution of questionnaires which included variables such as learning independence, learning environment conditions, and learning achievement. Data analysis was carried out through validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and multiple linear regression. The results of this research indicate that learning independence and the learning environment have a significant impact on student learning achievement

References

Agistiawati, E., & M. Asbari. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan

Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah

Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 2(1),

-523.

Alavi, M., GM Marakas, & Y. Yoo. (2002). Studi Perbandingan Lingkungan Pembelajaran

Terdistribusi terhadap Hasil Belajar. Penelitian Sistem Informasi, 13(4), 404-415.

Alferez, BJAL, AD Siraji, JGC Labaria, RJ Yusop, S. Maglente, & FA Salendab. (2023). Menguji

Kemandirian Peserta Didik di Kelas Daring untuk Peningkatan Hasil Belajar . Jurnal Terapi

ReAttachment dan Keanekaragaman Perkembangan , 6(8s), 419-427.

Andayani, D., & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Anggraini, Y., S. Patmanthara., & P. Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin

Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah

Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2(12), 1650-1655.

Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian

Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psikomutiara , 1(1), 15-29.

Baeten, M., F.Dochy, & K. Struyven. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar yang Berbeda Terhadap

Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Belajarnya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 83(3),

-501.

Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar . Pustaka Belajar,

Yogyakarta.

Devi, I., NI Harahap., & AMY Simbolon. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN

Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 30-41.

Diana, P.Z., D. Wirawati., & S. Rosalia. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan

Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran , 9(1), 16-22.

Gunawan, A., R. Mardikaningsih & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran . Revka Prima Media,

Surabaya.

Hadiyanto, N. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah

(Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten

Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA , 9(1), 103-116.

Harahap, F., N.A. Nasution., & B. Manurung. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap

Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Mata Kuliah Kultur Jaringan

Tumbuhan. Jurnal Instruksi Internasional , 12(1), 521-538.

Hermawan, Y., H. Suherti., & R. Gumilar. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan

Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar

Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 51-58.

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua

Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di Man

Bangkalan . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 3(1), 103-114.

Hofferber, N., A.Eckes, & M. Wilde. (2014). Pengaruh Otonomi Mendukung Vs. Mengendalikan

Perilaku Guru Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 3(4), 177-184.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di

Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial , 3(2), 155-164.

Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam

Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia ,

(2), 107-120 .

León, J., JL Núñez, & J. Liew. (2015). Penentuan Nasib Sendiri dan Pendidikan STEM: Pengaruh

Otonomi, Motivasi, dan Pembelajaran Mandiri Terhadap Prestasi Matematika Sekolah

Menengah. Pembelajaran dan Perbedaan Individu , 43, 156-163.

Lim, DH & ML Morris. (2009). Faktor Pembelajar dan Pengajaran yang Mempengaruhi Hasil

Belajar dalam Lingkungan Pembelajaran Campuran. Jurnal Teknologi Pendidikan &

Masyarakat, 12(4), 282-293.

Published
2024-06-30
How to Cite
Khunafah, K., Drajatul Aliyah, N., & Darmawan, D. (2024). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI DESA BANGERAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK . Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(02), 111-125. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i02.4157
Section
Articles