PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI DESA BANGERAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK
Abstract
Education plays a very important role as the main basis for forming human resources who have superior quality and potential. However, the low economic learning achievement of students in the learning process is due to the fact that many students are not yet independent in learning. If student learning independence and the student learning environment also have high motivation, learning achievement will increase, thereby fostering student activity at school and also generating ideas. brilliant ones that raise the quality of education. This research aims to investigate the impact of independent learning and the learning environment on student learning achievement at Public Elementary School Bangeran Village, Dukun District, Gresik Regency. By involving 60 students as research samples, sampling was carried out by census. Data was collected through the distribution of questionnaires which included variables such as learning independence, learning environment conditions, and learning achievement. Data analysis was carried out through validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and multiple linear regression. The results of this research indicate that learning independence and the learning environment have a significant impact on student learning achievement
References
Agistiawati, E., & M. Asbari. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan
Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah
Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 2(1),
-523.
Alavi, M., GM Marakas, & Y. Yoo. (2002). Studi Perbandingan Lingkungan Pembelajaran
Terdistribusi terhadap Hasil Belajar. Penelitian Sistem Informasi, 13(4), 404-415.
Alferez, BJAL, AD Siraji, JGC Labaria, RJ Yusop, S. Maglente, & FA Salendab. (2023). Menguji
Kemandirian Peserta Didik di Kelas Daring untuk Peningkatan Hasil Belajar . Jurnal Terapi
ReAttachment dan Keanekaragaman Perkembangan , 6(8s), 419-427.
Andayani, D., & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Anggraini, Y., S. Patmanthara., & P. Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin
Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah
Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2(12), 1650-1655.
Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian
Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psikomutiara , 1(1), 15-29.
Baeten, M., F.Dochy, & K. Struyven. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar yang Berbeda Terhadap
Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Belajarnya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 83(3),
-501.
Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar . Pustaka Belajar,
Yogyakarta.
Devi, I., NI Harahap., & AMY Simbolon. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN
Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 30-41.
Diana, P.Z., D. Wirawati., & S. Rosalia. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan
Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran , 9(1), 16-22.
Gunawan, A., R. Mardikaningsih & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran . Revka Prima Media,
Surabaya.
Hadiyanto, N. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah
(Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten
Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA , 9(1), 103-116.
Harahap, F., N.A. Nasution., & B. Manurung. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap
Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Mata Kuliah Kultur Jaringan
Tumbuhan. Jurnal Instruksi Internasional , 12(1), 521-538.
Hermawan, Y., H. Suherti., & R. Gumilar. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan
Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 51-58.
Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua
Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di Man
Bangkalan . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 3(1), 103-114.
Hofferber, N., A.Eckes, & M. Wilde. (2014). Pengaruh Otonomi Mendukung Vs. Mengendalikan
Perilaku Guru Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 3(4), 177-184.
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di
Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial , 3(2), 155-164.
Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam
Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia ,
(2), 107-120 .
León, J., JL Núñez, & J. Liew. (2015). Penentuan Nasib Sendiri dan Pendidikan STEM: Pengaruh
Otonomi, Motivasi, dan Pembelajaran Mandiri Terhadap Prestasi Matematika Sekolah
Menengah. Pembelajaran dan Perbedaan Individu , 43, 156-163.
Lim, DH & ML Morris. (2009). Faktor Pembelajar dan Pengajaran yang Mempengaruhi Hasil
Belajar dalam Lingkungan Pembelajaran Campuran. Jurnal Teknologi Pendidikan &
Masyarakat, 12(4), 282-293.
Copyright (c) 2024 Khunafah Khunafah, Nelud Drajatul Aliyah, Didit Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.