PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI DESA BANGERAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK

  • Khunafah Khunafah universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nelud Drajatul Aliyah universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan universitas Sunan Giri Surabaya
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan belajar

Abstrak

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting sebagai landasan utama dalam membentuk sumber daya manusia yang mempunyai kualitas dan potensi unggul. Namun rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa dalam proses pembelajaran disebabkan karena masih banyak siswa yang belum mandiri dalam belajar. Jika kemandirian belajar siswa dan lingkungan belajar siswa juga mempunyai motivasi yang tinggi maka prestasi belajar akan meningkat sehingga menumbuhkan keaktifan siswa di sekolah dan juga menghasilkan ide-ide. cemerlang yang meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dengan melibatkan 60 siswa sebagai sampel penelitian, pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang mencakup variabel kemandirian belajar, kondisi lingkungan belajar, dan prestasi belajar. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Referensi

Agistiawati, E., & M. Asbari. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan

Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah

Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 2(1),

-523.

Alavi, M., GM Marakas, & Y. Yoo. (2002). Studi Perbandingan Lingkungan Pembelajaran

Terdistribusi terhadap Hasil Belajar. Penelitian Sistem Informasi, 13(4), 404-415.

Alferez, BJAL, AD Siraji, JGC Labaria, RJ Yusop, S. Maglente, & FA Salendab. (2023). Menguji

Kemandirian Peserta Didik di Kelas Daring untuk Peningkatan Hasil Belajar . Jurnal Terapi

ReAttachment dan Keanekaragaman Perkembangan , 6(8s), 419-427.

Andayani, D., & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Anggraini, Y., S. Patmanthara., & P. Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin

Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah

Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2(12), 1650-1655.

Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian

Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psikomutiara , 1(1), 15-29.

Baeten, M., F.Dochy, & K. Struyven. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar yang Berbeda Terhadap

Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Belajarnya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 83(3),

-501.

Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar . Pustaka Belajar,

Yogyakarta.

Devi, I., NI Harahap., & AMY Simbolon. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN

Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 30-41.

Diana, P.Z., D. Wirawati., & S. Rosalia. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan

Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran , 9(1), 16-22.

Gunawan, A., R. Mardikaningsih & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran . Revka Prima Media,

Surabaya.

Hadiyanto, N. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah

(Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten

Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA , 9(1), 103-116.

Harahap, F., N.A. Nasution., & B. Manurung. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap

Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Mata Kuliah Kultur Jaringan

Tumbuhan. Jurnal Instruksi Internasional , 12(1), 521-538.

Hermawan, Y., H. Suherti., & R. Gumilar. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan

Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar

Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 51-58.

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua

Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di Man

Bangkalan . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 3(1), 103-114.

Hofferber, N., A.Eckes, & M. Wilde. (2014). Pengaruh Otonomi Mendukung Vs. Mengendalikan

Perilaku Guru Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 3(4), 177-184.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di

Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial , 3(2), 155-164.

Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam

Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia ,

(2), 107-120 .

León, J., JL Núñez, & J. Liew. (2015). Penentuan Nasib Sendiri dan Pendidikan STEM: Pengaruh

Otonomi, Motivasi, dan Pembelajaran Mandiri Terhadap Prestasi Matematika Sekolah

Menengah. Pembelajaran dan Perbedaan Individu , 43, 156-163.

Lim, DH & ML Morris. (2009). Faktor Pembelajar dan Pengajaran yang Mempengaruhi Hasil

Belajar dalam Lingkungan Pembelajaran Campuran. Jurnal Teknologi Pendidikan &

Masyarakat, 12(4), 282-293.

Diterbitkan
2024-06-30