PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI DESA BANGERAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK
Abstrak
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting sebagai landasan utama dalam membentuk sumber daya manusia yang mempunyai kualitas dan potensi unggul. Namun rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa dalam proses pembelajaran disebabkan karena masih banyak siswa yang belum mandiri dalam belajar. Jika kemandirian belajar siswa dan lingkungan belajar siswa juga mempunyai motivasi yang tinggi maka prestasi belajar akan meningkat sehingga menumbuhkan keaktifan siswa di sekolah dan juga menghasilkan ide-ide. cemerlang yang meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dengan melibatkan 60 siswa sebagai sampel penelitian, pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang mencakup variabel kemandirian belajar, kondisi lingkungan belajar, dan prestasi belajar. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Referensi
Agistiawati, E., & M. Asbari. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan
Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah
Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 2(1),
-523.
Alavi, M., GM Marakas, & Y. Yoo. (2002). Studi Perbandingan Lingkungan Pembelajaran
Terdistribusi terhadap Hasil Belajar. Penelitian Sistem Informasi, 13(4), 404-415.
Alferez, BJAL, AD Siraji, JGC Labaria, RJ Yusop, S. Maglente, & FA Salendab. (2023). Menguji
Kemandirian Peserta Didik di Kelas Daring untuk Peningkatan Hasil Belajar . Jurnal Terapi
ReAttachment dan Keanekaragaman Perkembangan , 6(8s), 419-427.
Andayani, D., & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Anggraini, Y., S. Patmanthara., & P. Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin
Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah
Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2(12), 1650-1655.
Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian
Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psikomutiara , 1(1), 15-29.
Baeten, M., F.Dochy, & K. Struyven. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar yang Berbeda Terhadap
Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Belajarnya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 83(3),
-501.
Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar . Pustaka Belajar,
Yogyakarta.
Devi, I., NI Harahap., & AMY Simbolon. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN
Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 30-41.
Diana, P.Z., D. Wirawati., & S. Rosalia. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan
Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran , 9(1), 16-22.
Gunawan, A., R. Mardikaningsih & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran . Revka Prima Media,
Surabaya.
Hadiyanto, N. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah
(Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten
Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA , 9(1), 103-116.
Harahap, F., N.A. Nasution., & B. Manurung. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap
Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Mata Kuliah Kultur Jaringan
Tumbuhan. Jurnal Instruksi Internasional , 12(1), 521-538.
Hermawan, Y., H. Suherti., & R. Gumilar. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan
Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 51-58.
Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua
Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di Man
Bangkalan . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 3(1), 103-114.
Hofferber, N., A.Eckes, & M. Wilde. (2014). Pengaruh Otonomi Mendukung Vs. Mengendalikan
Perilaku Guru Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 3(4), 177-184.
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di
Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial , 3(2), 155-164.
Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam
Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia ,
(2), 107-120 .
León, J., JL Núñez, & J. Liew. (2015). Penentuan Nasib Sendiri dan Pendidikan STEM: Pengaruh
Otonomi, Motivasi, dan Pembelajaran Mandiri Terhadap Prestasi Matematika Sekolah
Menengah. Pembelajaran dan Perbedaan Individu , 43, 156-163.
Lim, DH & ML Morris. (2009). Faktor Pembelajar dan Pengajaran yang Mempengaruhi Hasil
Belajar dalam Lingkungan Pembelajaran Campuran. Jurnal Teknologi Pendidikan &
Masyarakat, 12(4), 282-293.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##