Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3B melalui Metode Ceramah Interaktif pada Pembelajaran PAI di SDN Palumbonsari III

  • Adila Rizkita Helmi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dzikri Alfarisi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ersa Mutiani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M.Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode ceramah interaktif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilakukan di SDN Palumbonsari III dengan subjek penelitian sebanyak 50 siswa kelas 3B, pendekatan yang digunakan adalah kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar siswa sebesar 11,25% dari siklus I 75% menjadi siklus II 86,25%, dan peningkatan hasil belajar sebesar 6% dari siklus I 86% menjadi siklus II 92%. Wawancara dengan siswa juga mendukung hasil observasi, mayoritas menyatakan pengalaman belajar lebih menarik. Metode ceramah interaktif terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, dengan interaksi guru-siswa, penggunaan media, dan partisipasi siswa sebagai faktor utama.

References

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). VARIABEL BELAJAR (KOMPILASI KONSEP).

Damanik, W. J., & Syahputra, E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk

meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model discovery

learning. Jurnal Inspiratif, 4(1), 27-38.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan

metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.

Hasan Assuyuti, M., Qosim, N., Fitria, L., Islam, U., & Hasan Genggong, Z. (2022).

MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 MA. ZAINUL

HASAN 1 GENGGONG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAAN ISLAM

MELALUI METODE CERAMAH INTERAKTIF Program study Manajemen pendidikanislam Fakultas tarbiyah. COMMUNITY Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 72–78.

Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah.

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi media pembelajaran

pendidikan agama Islam melalui media audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal

kependidikan, 5(2), 216-232.

Ridwan, A., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. (2023). Implementasi Metode Diskusi Dalam

Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn

Plawad 04. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 276-283.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan

Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing

Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), (Vol. 5, pp. 84-90).

Savira, AN, Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). PENINGKATAN MINAT

BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH

INTERAKTIF. Faktor M.

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404-13408.

Yulianti, D. (2021). Analisis Penggunaan Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah

Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Published
2024-06-03
How to Cite
Helmi, Adila Rizkita, Dzikri Alfarisi, Ersa Mutiani, M.Makbul, and Nur Aini Farida. 2024. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3B Melalui Metode Ceramah Interaktif Pada Pembelajaran PAI Di SDN Palumbonsari III”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 13-23. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4158.
Section
Articles