Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3B melalui Metode Ceramah Interaktif pada Pembelajaran PAI di SDN Palumbonsari III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode ceramah interaktif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilakukan di SDN Palumbonsari III dengan subjek penelitian sebanyak 50 siswa kelas 3B, pendekatan yang digunakan adalah kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar siswa sebesar 11,25% dari siklus I 75% menjadi siklus II 86,25%, dan peningkatan hasil belajar sebesar 6% dari siklus I 86% menjadi siklus II 92%. Wawancara dengan siswa juga mendukung hasil observasi, mayoritas menyatakan pengalaman belajar lebih menarik. Metode ceramah interaktif terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, dengan interaksi guru-siswa, penggunaan media, dan partisipasi siswa sebagai faktor utama.
References
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). VARIABEL BELAJAR (KOMPILASI KONSEP).
Damanik, W. J., & Syahputra, E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model discovery
learning. Jurnal Inspiratif, 4(1), 27-38.
Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan
metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.
Hasan Assuyuti, M., Qosim, N., Fitria, L., Islam, U., & Hasan Genggong, Z. (2022).
MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 MA. ZAINUL
HASAN 1 GENGGONG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAAN ISLAM
MELALUI METODE CERAMAH INTERAKTIF Program study Manajemen pendidikanislam Fakultas tarbiyah. COMMUNITY Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 72–78.
Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah.
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi media pembelajaran
pendidikan agama Islam melalui media audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal
kependidikan, 5(2), 216-232.
Ridwan, A., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. (2023). Implementasi Metode Diskusi Dalam
Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn
Plawad 04. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 276-283.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan
Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing
Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), (Vol. 5, pp. 84-90).
Savira, AN, Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). PENINGKATAN MINAT
BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH
INTERAKTIF. Faktor M.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404-13408.
Yulianti, D. (2021). Analisis Penggunaan Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah
Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Copyright (c) 2024 Adila Rizkita Helmi, Dzikri Alfarisi, Ersa Mutiani, M.Makbul, Nur Aini Farida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.