Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Terhadap Materi PAI Di Kelas V D”
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada kelas pendidikan agama Islam kelas V D semester 2 SDN Telaga Murni 03 tahun pelajaran 2023–2024 akan menghasilkan motivasi belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas (PTK) dan melibatkan peserta kelas V D SDN Telaga Murni sebanyak 19 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pendidikan agama Islam pasca penerapan paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Turnamen dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat pada siklus 1. Motivasi belajar siswa tumbuh 75% pada siklus 1 dan kemudian menjadi 100% pada siklus 2. Terdapat korelasi positif antara meningkatnya hasil belajar siswa dengan meningkatnya motivasi belajar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan model ini akan meningkatkan tujuan dan motivasi pembelajaran PAI
Referensi
Alfarisi, S., & Hasanah, U. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies.
Cybernetics: Journal Educational Research and sosial Studies, 2(April), 1–10.
Amni, Z., Ningrat, H. K., & -, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil
Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848.
https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.25716
Rosihin, R. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI.
Paedagogie, 16(1), 29–34. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4952
Yuliawati, N. A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament)
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356–
https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol 23, No. 2, Juni 2024
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##