Analisis Pembelajaran Metode Tafahhum dalam Meningkatkan Pemahaman Al-Quran Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorim UIN SU

  • Raudhatul Jannah Universitas Al Washliyah Medan
  • Hasnil Aida Nasution Universitas Al Washliyah Medan
  • Dahrul Dahrul Universitas Al Washliyah Medan
  • Khairul Anwar Universitas Al Washliyah Medan
Keywords: Analisis Pembelajaran, Metode Tafahhum, Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Metode Tafahhum dalam Meningkatkan Pemahaman Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU dan faktor yang mempengaruhi Metode Tafahhum dalam Meningkatkan Pemahaman Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Tafahhum dalam meningkatkan pemahaman Al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU yaitu menggunakan pendekatan Konseptual, Pendalaman Makna, peningkatan kemampuan berpikir kritis, penerapan praktis, Pengembangan Spiritual dan Moral, dan Interaksi Sosial dan diskusi. Adapun faktor yangmempengaruhi metode tafahhum dalam meningkatkan pemahaman Alquran siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU diantaranya : Faktor utama yaitu karena sangat banyak murid itu yang memang dengan catatan latar belakang keluarga Ataupun mungkin lingkungan keadaan mereka memang kurang dalam memahami Al-Qur’an jadi seakan-akan setaraf SMA guru akan mengenalkan ulang selayak anak SD, guru menjelaskan hal-hal yang mungkin seharusnya mereka tahu, namun faktor yang terbesar mereka tidak memahaminya secara jelas dan faktor kedua yaitu terkait waktu yang sangat sedikit itu membuat ketika penyampaian sangat terbatas.

References

A. Syahid Robbani dan Ahmad Muzayyan Haqqy. (2021). MENGHAFAL AL-QUR’AN (Metode, Problematika, dan Solusinya, Sembari Belajar Bahasa Arab). Mujahid Press.

Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan, Vol. 7(1), 44. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1486

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . CV. Pustaka Ilmu.

Meirani Agustina et al. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 14(1), 1–17.

Miftakhul Ulumiyah et al. (2020). Implementation of the Tallaqi , Tafahhum , Tikrar and Murajaah ( 3T + 1M ) Method in the Tahfidz Istana Palace Learning Program Miftakhul Ulumiyah Institut Pesantren KH . Abdul Chalim Mojokerto ORCID iD : 0000-0003-4684-9141 Institut Pesantren KH . Abdul. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.342

Muhammad Ali Romdhoni, dkk. (2023). Challenges of implementing the independent curriculum in Islamic Religious Education learning at SMP Negeri 24 Medan. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 10(2), 115.

Qur’ani, Muhammad Nuzulul, Hasan Basri, H. R. H. (2023). Problematics of Implementing the Independent Learning Curriculum in Learning Islamic Religious Education At SMA Negeri 12 Medan. Jurnal Ilmiah Didaktika, 24(1), 1–23.

Rahma et al. (2023). Implementasi talqin, tafahhum, tikrar, muraja’ah untuk meningkatkan motivasi hafalan peserta didik pada pembelajaran Hadis. Jurnal Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 22–27.

Rif’atul Khoriyah et al. (2022). Implementasi Metode 3t+1m Program Tahfidh Juz Amma Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik Di Sdn 2 Tawangrejo Lamongan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3), 16–30.

Sirait, A. A., Basri, H., & Ab Rahman, Z. (2024). The Concept of Merdeka Curriculum Implementation: Realizing Humanistic Islamic Education Learning. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37985/educative.v2i1.210

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Zulfan Ependi et al. (2023). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an 3t + 1m Pada Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1312.

Published
2024-10-31
How to Cite
Jannah, R., Aida Nasution, H., Dahrul, D., & Anwar, K. (2024). Analisis Pembelajaran Metode Tafahhum dalam Meningkatkan Pemahaman Al-Quran Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorim UIN SU. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(03), 440-447. https://doi.org/10.36835/jipi.v22i03.4162