Meningkatkan Minat Belajar PAI Dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas X Di SMKN Pertanian Karawang

  • alia rahmadian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nindya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Silvi Ana Raj Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Minat Belajar, Metode Jigsaw

Abstrak

Penelitian ini disebabkan karena kurangnya minat belajar siswa dan pikiran imajinatif siswa pada saat menerangkan masalah dalam pembelajaran PAI. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas akan dilakukan dengan tujuan untuk mengembagkan minat belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMK Negeri Pertanian Karawang dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif berbasis jigsaw. Cara yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode tindakan kelas dengan cara mengumpulkan informasi berupa pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan lembar angket. Jawaban penelitian ini menghasilkan perkembangan dari siklus I kepada siklus II, pada siklus I diperoleh nilai standar sebesar 69,68 dengan ukuran persentase 55,74% yang termasuk ke dalam kategori yang cukup, sementara pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 106,88 dengan persentase 85,50% yang termasuk dalam kategori sangat berminat. Hasil rata-rata nilai minat siswa untuk belajar dari siklus I ke siklus II menunjukkan kenaikan sebanyak 29,73%. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena siswa telah berhasil mengikuti arahan, penuh semangat, dan cakap dalam berbicara selama proses pembelajaran.  

Referensi

Ayatullaah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 207. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/899/617

Hajriyanto, M. H., Rahayu, D. V., & Supratman, S. (2023). Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.293

Hanun, S. F., Rahman, Y., & Husnita, H. (2023). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 97–106.

https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.112

Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Kelas Iv Sdn Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8366

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Syarifuddin Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang Jl Zainal Abidin Fikri No, A. K. (n.d.). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran.

Tri Aulia, Titin, E. S. W. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241.

Diterbitkan
2024-06-04
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##