Penerapan Metode Kisah Qur’ani Guna Meningkatkan Ketertarikan Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Di SDN Adiarsa Barat 4 Karawang

  • Alyza Zulfa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Azelia Mutiara Ramli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Duroh Riyasyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Metode Kisah Qur’ani, Ketertarikan Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini adalah bentuk dalam membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap paradigma pembelajaran Cerita Al-Qur’an. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang proses pelaksanaannya meneliti tindakan di kelas terdiri dari beberapa siklus. Disetiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yang berbeda, yang pertama adalah perencanaan, lalu yang kedua adalah pelaksanaan kegiatan, yang ketiga yaitu observasi, dan yang terakhir adalah refleksi. Dua siklus ini yang masing-masing terdiri dari dua sesi digunakan untuk merencanakan proyek dalam meneliti tindakan kelas ini. Penerapan proses pembelajaran memanfaatkan temuan penelitian ini Kisah Qur’ani dapat meningkatkan indikator, keterlibatan belajar dengan jumlah indikator Keterlibatan peserta didik secara keseluruhan pada siklus I mencapai 138 turus yang bertingkah laku sesuai indikator, pada siklus II mencapai 186 turus. pada siklus I terdapat 150 turus, siklus II mencapai 192 pada indikator Perhatian peserta didik. Dan siklus I terdapat 147 turus, siklus II terdapat 213 turus pada indikator Rasa Senang peserta didik. dari peningkatan jumlah turus dari kedua siklus tersebut, maka dapat dikatakan penerapan metode Kisah Qurani berhasil menimbulkan ketertarikan belajar peserta didik dalam pembelajaran ini.

References

Aulia, Tri, Titin, and Eko Sri Wahyudi. 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya.” 4(2): 229–41.

Firmansyah, Mokh Imam. 2019. “Penulis Adalah Dosen Tetap Prodi Ilmu Pendidikan Agama Islam Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.” 1(2): 79–90.

Hajriyanto, Haris, and Diar Veny Rahayu. 2023. “Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah.” 4(1): 115–24.

Hakim, Andi, and Saiful Amir. 2018. “PENGARUH PERASAAN, KETERTARIKAN DAN KETERLIBATAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK PADA SMA PABA

BINJAI.” 9: 406–26.

Khanafi, Muhammad. 2021. “PRAKTIK PEMBELAJARAN RUMPUN PAI Di MASA PANDEMI COVID – 19 ( Studi Kasus Di MTs MINAT Kesugihan Cilacap).” 19.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan kombinasi (mixed methods). bandung: CV Alfabeta.

Suprihatin, Siti. 2015. “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.” 3(1): 73–82.

Published
2024-06-07
How to Cite
Zulfa, Alyza, Azelia Mutiara Ramli, Duroh Riyasyah, M. Makbul, and Nur Aini Farida. 2024. “Penerapan Metode Kisah Qur’ani Guna Meningkatkan Ketertarikan Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Di SDN Adiarsa Barat 4 Karawang”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 396-406. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4244.
Section
Articles