Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di MTsN 1 Kota Bukittinggi
Abstrak
Perilaku bullying di lingkungan madrasah merupakan masalah serius yang berdampak negatif pada perkembangan mental, sosial, dan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perilaku bullying di MTsN 1 Kota Bukittinggi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang diberikan kepada siswa, guru, dan staf sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying di MTsN 1 Kota Bukittinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu: (1) faktor keluarga, meliputi pola asuh orang tua dan kondisi sosial ekonomi keluarga; (2) faktor teman sebaya, di mana tekanan dari kelompok teman sering mempengaruhi siswa untuk terlibat dalam bullying; (3) faktor media massa, penggunaan sosial media yang tidak terkontrol. Dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor penyebab bullying, diharapkan langkah-langkah preventif dan intervensi yang lebih efektif dapat diterapkan untuk mengurangi dan mencegah perilaku bullying di madrasah.
Kata kunci: Bullying, Madrasah, Pendidikan
Referensi
Ali, M. (2011). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.
Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan Pada Anak. UI Press.
Khasanah, E. E. (2015). FENOMENA BULLYING DI SEKOLAH DASAR KAWASAN BERESIKO KOTA YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta.
Laila, F., & Nurliana Cipta Apsari. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), Vol. 2 No.
Martono, N. (2012). Kekerasan Simbolik di Sekolah. Rajawali Pers.
Monks, C. P., & Smith, P. K. (2006). Definitions of bullying: Age differences in understanding of the term, and the role of experience. British Journal of Developmental Psychology.
Muhammad. (2009). Aspek Perlindungan Anak dalam Tindak Kekerasan (Bullying) terhadap Korban Kekerasan di Sekolah (Studi Kasus di SMK Kabupaten Banyumas. Jurnal Dinamika Hukum, Vol. 9 No.
Mustikaningsih, A. (2015). Pengaruh Fungsi Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Agresivitas Siswa Di SMA Negeri 3 Klaten. Artikel E_Jounal: Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Alfabeta.
Syadza N, S. I. (2017). Cyberbullying Pada Remaja Smp X Di Kota Pekalongan. Proyeksi.
Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini (Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirin dan Kedisiplinan Anak Usia Dini). Ar-ruzz Media.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##