IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP N 5 KOTA BENGKULU

  • Feny Martina Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Trise Nur Juwita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Virza Dwi Angel Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Sri Yuniarti Sri Yuniarti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: Project-based learning, student creativity, SMP N 5 Bengkulu City, active learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMP N 5 Kota Bengkulu. Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dipilih karena dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan menyeluruh. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa, baik dalam hal pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kemampuan berkolaborasi. Pembelajaran berbasis proyek juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di sekolah-sekolah, khususnya di SMP N 5 Kota Bengkulu

References

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.

Cahyana, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 5 Maros. Jurnal Pendidikan Kreatif, 10(1), 45-60.

Helmiati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII di SMPN 23 Pontianak. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 87-101.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press.

Pratiwi, R., dkk. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(1), 55-72.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Yanti, R., dkk. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Model Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 12(1), 22-37.

Published
2025-03-18
How to Cite
Martina, F., Nur Juwita, T., Dwi Angel Putri, V., & Sri Yuniarti, S. Y. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP N 5 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(No.1), 228 - 234. https://doi.org/10.36835/jipi.v23iNo.1.4432