IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS MATERI ILMU TAJWID DI MTsN 2 PADANG

  • Seswi Derti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Remiswal Remiswal Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Keywords: Independent Curriculum, Al-Qur'an Hadith, Tajweed Science

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, khususnya pada materi ilmu tajwid di MTsN 2 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi ilmu tajwid di MTsN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Padang telah berjalan sesuai dengan ketentuan, meskipun masih menghadapi beberapa kendala, 1)Perencanaan pembelajaran dilakukan melalui analisis Capaian Pembelajaran (CP), perumusan Tujuan Pembelajaran (TP), penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta pengembangan modul ajar dan asesmen. 2) pelaksanaan pembelajaran, guru telah menggunakan metode yang beragam sesuai dengan materi ajar, tetapi pendekatan diferensiasi belum sepenuhnya terealisasi dengan optimal, terutama pada aspek proses dan konten, 3)Penilaian pembelajaran mencakup asesmen formatif dan sumatif dengan kombinasi tes lisan dan tulisan.

References

Aini, S. (2022). Efek Membaca Alquran Pada Pendidikan Mental. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10740–10745.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Al-Mujahid, A. T. H. (2013). Ilmu Tajwid: Pegangan para pengajar al-Qur’an dan aktivis dakwah. Darus Sunnah Press.

Daulay, M. I., & Fauzidin, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 9(2), 101–116.

Fadlilah, Y., & Abidin, Z. (2020). Implementasi Media Tajwid Putar dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 147–157.

Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2), 20–30.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646.

Hasanah, U., Nelawati, S., & Khadijah, K. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS: STUDI KASUS MTsN 6 DAN MAN 2 KOTA PADANG. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 919–934.

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01). https://core.ac.uk/download/pdf/200764660.pdf

Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(1), 1–13.

Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40.

Nadlir, N., Nur’aini, H. D., & Azizah, I. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mi Bilingual Maslakul Huda Lamongan. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 393–405.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313–6319.

Romdani, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SLB Negeri 1 Ngawi. Althanshia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 44–58.

Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5304.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Wardani, R., Karolina, A., & Siswanto, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Rejang Lebong [PhD Thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/5037/

Yahya, M. S., Wicaksono, H., Mustajab, M., & Aqvi, E. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTs Minhajut Tholabah Purbalingga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 577–583.

Yuliani, A. R., & Achadi, M. W. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MTSN 9 BANTUL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4313–4327.

Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16–25.

Published
2025-03-13
How to Cite
Derti, S., Remiswal, R., & Khadijah, K. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS MATERI ILMU TAJWID DI MTsN 2 PADANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(No.1), 138-155. https://doi.org/10.36835/jipi.v23iNo.1.4481