Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah DTA Nurul Falah Karawang

  • Nur Halimah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oyoh Bariyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pendidikan, Madrasah, Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi siswa. Madrasah Diniyah merupakan satuan pendidikan Islam non-formal yang melaksanakan pembelajaran keagamaan sebagai pelengkap siswa pada tingkat Sekolah Dasar dan sederajat dan mempunyai tujuan untuk membentuk generasi muda yang dapat mengetahui pengetahuan agama yang mendalam. Dalam proses kegiatan pembelajaran dimadrasah ciri utamanya yaitu adanya aktivitas pembelajaran yang dinamis perlu adanya suatu kegiatan pengelolaan kelas yang baik dan terencana sebelum dilakukan kegiatan belajar mengajar. Pengelolaan kelas sangat berperan penting dalam terbentuknya pembelajaran juga dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang berlandaskan pada filsafat positivisme dan jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian Ex-post facto karena dalam Penelitian ini akan meneliti peristiwa yang telah terjadi. Teknik pengambilan data melalui isntrumen angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah DTA Nurul Falah karawang, hal ini terbukti bahwa dengan guru dapat mengelola kelas dengan baik maka, siswa memiliki rasa semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar.

References

Haudi, Haudi, and Hadion Wijoyo. DASAR-DASAR PENDIDIKAN, 2020. Iimaaniyah, 2019. “Metode Penelitian.” Metode Penelitian (2019): 32–41.

Nurhairiah, Ida. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di MIS Darul Istiqomaah Mamoa Raya Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 2019.

Riska, Bau. “PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 SELAYAR” 10 (2021): 6.

Syaadah, Raudatus, M. Hady Al Asy Ary, Nurhasanah Silitonga, and Siti Fauziah Rangkuty. “Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal.” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) 2, no. 2 (2023): 125–131.

Syahr, Zulfia. “Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat.” Intizar 22 (December 24, 2016): 393. Yusuf, Susanti, Rumanda & Maryati. “Pengelolaan Kelas Pedoman.” Jurnal Pendidikan 1, no. Teori, Penelitian, dan Pengembangan (2018): 1–46.

Published
2024-06-04
How to Cite
Halimah, Nur, Oyoh Bariyah, and M Makbul. 2024. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah DTA Nurul Falah Karawang ”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 183-94. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4235.
Section
Articles