KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENANGGAPI PERUBAHAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN

  • Qomaruddin Qomaruddin Universitas Qomaruddin
  • Shofi Robiya Universitas Qomaruddin
  • Said Fadhilah Universitas Qomaruddin
  • Yuni Asfarani Universitas Qomaruddin
  • Robihatul Khoiriyah Universitas Qomaruddin
Keywords: The role of teacher leadership in education

Abstract

Dynamic social changes challenge the education sector to continue to develop. Teacher leadership is a key element in adapting to these changes. This qualitative research explores the important role of teacher leadership in facing social change in the education system. Through interviews with experienced teachers, the research results show that teacher leadership shapes a responsive school culture, encourages innovation, and supports adaptation. Teacher leadership is also seen in designing curricula that are relevant to social change, making them agents of change who prepare generations to face social dynamics. The implications of this research include the development of teacher leadership training and educational policy guidelines to support adaptation to social change.

References

Azhar Harun, dan Ramli Basri. “Hubungan Kepimpinan Distributif Pengetua Dan Kepemimpinan Guru Di Sekolah Menengah.” Jurnal Pengurusan Dan Kepimpinan Pendidikan, 2013, 105–22.

Dakhi, Agustinus Sukses. “Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Kompetensi Guru Dan

Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 3 (2021): 131–

https://doi.org/10.51212/jdp.v14i3.74.

Hanim, Zaenab, dan Abdul Wazir. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan

Efektivitas Kerja Guru Di SMP Kabupaten Kutai Timur.” Jurnal Ilmu Manajemen

Dan Pendidikan (JIMPIAN) 2, no. 1 (2022): 1–6.

https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.455.

Kadarsih, Inge, Sufyarma Marsidin, Ahmad Sabandi, dan Eka Asih Febriani. “Peran Dan

Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan 2, no. 2 (2020): 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138.

Mansyur, Abdul Rahim. “Wawasan Kepemimpinan Guru (Kepemimpinan Guru) Dan

Konsep Guru Penggerak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 2 (2021): 101.

https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.113.

Mukaffa, Zumrotul. “DEPRIVASI RELATIF KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU

PAI: Kajian Komparatif Guru Akidah Akhlak Berkualifikasi S1 Dan Guru Tugas

Pesantren Lulusan MA.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 13, no. 1

(2018): 231–62. https://doi.org/10.21274/epis.2018.13.1.231-262.

Niland, Norah, A. Phill Pearce, D. N. Naumann, D. O’Reilly, Seri Ringkasan Kebijakan,

Robert T Sataloff, Michael M Johns, dkk. “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses

Peningkatan Belajar Mengajar.” Kesehatan Global 167, tidak. 1 (2020): 1–5.

https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitition-theory-an-introduction/.

Nurhayati, Nurhayati, Abdul Mukti, Candra Wesnedi, Slamet Munawar, dan Maisah Maisah.

“Kinerja Kepala Sekolah,Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan.” JMPIS: Jurnal Manejemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 2 (2022):

–44. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1009.

Putri, Rika Dwi, Tri Widayatsih, dan Mahasir Mahasir. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala

Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru TK.” Jurnal Administrasi dan

Manajemen Pendidikan (ALIGNMENT) 6, no. 1 (2023): 232–40.

https://doi.org/10.31539/alignment.v6i1.5398.

Syahputra, Refi. “Implementasi Kepemimpinan Guru Dalam Pembelajaran MAS Darul

Muta’allimin Tanah Merah Kabupaten Aceh Singkil Dan SMAS Hidayatullah Kota

Subulussalam.” Jurnal MUDABBIR Penelitian dan Kajian Pendidikan 1, no. 2 (2023):

–71. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i2.115.

Wasono, Muhammad Putro Joko. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah Dan Kompetensi

Profesional Terhadap Pengembangan Karir Guru SMP Negeri.” INOPENDAS:

Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 2 (2019): 90–107.

https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4328.

Published
2024-12-11
How to Cite
Qomaruddin, Q., Robiya, S., Fadhilah, S., Asfarani, Y., & Khoiriyah, R. (2024). KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENANGGAPI PERUBAHAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN . Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 52-57. https://doi.org/10.36835/jipi.v22i4.4337