IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI MAN 4 AGAM
Abstract
Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management/TQM) dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 4 Agam. Pendekatan TQM diterapkan untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik, terintegrasi, dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus utama penelitian adalah pada strategi peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan karakter Islami, serta tantangan dan keberhasilan implementasi TQM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM di MAN 4 Agam berfokus pada penguatan kurikulum berbasis nilai-nilai keislaman, pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan teknologi, serta penerapan metode pembelajaran inovatif. Selain itu, pembiasaan program keagamaan seperti tahfidz Al-Qur'an, halaqah pagi, dan ibadah berjamaah telah berkontribusi pada pembentukan karakter Islami siswa. Namun, implementasi TQM di MAN 4 Agam juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan anggaran, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya keterlibatan orang tua. Meski demikian, evaluasi berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak telah membantu mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TQM efektif dalam meningkatkan mutu lulusan secara akademik dan karakter, serta dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya.
References
Abidin, Z. (2022). Peningkatan Daya Saing Kualitas Lembaga Pendidikan melalui Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. In JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN (Vol. 7, Issue 1, pp. 12–23). Institut Agama Islam Sahid Bogor. https://doi.org/10.56406/jkim.v7i01.52
Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2024). The Influence Of The Profile Strengthening Of Pancasila Students (P5) Project On Student Character At SMPN 5 Payakumbuh. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).
Apiyani, A. (2024). OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Tahsinia, 5(4), 499–511.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).
Indadihayati, W., & Hariyanto, V. L. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan Vokasi: Tantangan Dan Peluang. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 7(1), 1–20.
Juhri, M., Nurlaili, Z., & Nurhadi, A. (2023). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management/TQM). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(2), 171–178.
Maghfiroh, L. (2018). strategi peningkatan mutu pendidikan madrasah melalui total quality management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39.
Majidah, R. (2021). Implementasi Konsep Total Quality Management (TQM) William Edward Deming dalam Pengembangan Mutu Peserta Didik Program Pembelajaran Intensive Science Class (ISC) MAN 1 Darussalam Ciamis Jawa Barat. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 71–98.
Nashihin, H. (2020). Implementasi totalqualitymangement (tqm) di madrasah ibtidaiyah darul huda yogyakarta. As-Sibyan, 3(2), 37–50.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321.
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.
Sholeh, M. I., Arifin, Z., Rosyidi, H., & Syafi’i, A. (2024). PENDEKATAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN BERJIWA INTERPRENEURSHIP DI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM. Jotika Journal in Education, 4(1), 16–25.
Thahir, M. (2023). Manajemen Mutu Sekolah. Indonesia Emas Group.
Wahidah, A. (2024). Strategi Kiai dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah untuk Menghadapi Tantangan Globalisasi. At Tadbir: Islamic Education Management Journal, 2(2), 78–86.
Wahyudi, K. (2016). Manajemen pemasaran pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 4(2), 99–116.
Zain, S. H. W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199–215.
Copyright (c) 2025 Naharuddin Naharuddin, Zulfani Sesmiarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.