KENDALA DAN SOLUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MTS NUR RAHMA KOTA BENGKULU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala serta solusi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MTS Nur Rahma Kota Bengkulu. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, menekankan pendekatan berbasis proyek, serta integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun, dalam praktiknya, penerapan kurikulum ini menghadapi berbagai kendala, seperti pemahaman guru yang belum optimal, keterbatasan sarana dan prasarana, serta resistensi dari siswa dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan berbagai solusi, termasuk peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan dan pendampingan, pengadaan serta optimalisasi sarana dan prasarana, serta sosialisasi yang lebih intensif kepada siswa dan orang tua. Dengan adanya kerja sama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat, diharapkan implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi peserta didik
Referensi
Hidayat, M. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 12(2), 77-92.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Raharjo, S. (2023). Adaptasi Guru terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Berbasis Keagamaan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 112-124.
Sari, A., & Yulianto, B. (2025). Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 11(1), 45-60.
Setiawan, R. (2023). Peran Infrastruktur dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 55-70.
Wahyudi, T. (2024). Dinamika Pembelajaran Mandiri dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 10(3), 89-103.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##