KENDALA DAN SOLUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MTS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

  • Dina Putri Juni Astuti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Gina Sonia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Deni Dwika Gustiadri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Artati Murni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia, kendala, solusi, MTS Nur Rahma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala serta solusi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MTS Nur Rahma Kota Bengkulu. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, menekankan pendekatan berbasis proyek, serta integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun, dalam praktiknya, penerapan kurikulum ini menghadapi berbagai kendala, seperti pemahaman guru yang belum optimal, keterbatasan sarana dan prasarana, serta resistensi dari siswa dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan berbagai solusi, termasuk peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan dan pendampingan, pengadaan serta optimalisasi sarana dan prasarana, serta sosialisasi yang lebih intensif kepada siswa dan orang tua. Dengan adanya kerja sama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat, diharapkan implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi peserta didik

Referensi

Hidayat, M. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 12(2), 77-92.

Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Raharjo, S. (2023). Adaptasi Guru terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Berbasis Keagamaan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 112-124.

Sari, A., & Yulianto, B. (2025). Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 11(1), 45-60.

Setiawan, R. (2023). Peran Infrastruktur dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 55-70.

Wahyudi, T. (2024). Dinamika Pembelajaran Mandiri dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 10(3), 89-103.

Diterbitkan
2025-03-14