DAMPAK PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KETERTIBAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU
Abstrak
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan siswa. Salah satu strategi yang digunakan untuk menciptakan ketertiban adalah penerapan reward dan punishment. Reward diberikan kepada siswa yang berperilaku baik, sedangkan punishment diterapkan untuk yang melanggar aturan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan reward dan punishment di Madrasah Aliyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu, serta dampaknya terhadap motivasi dan disiplin siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei, yang melibatkan kuesioner dan observasi untuk mengumpulkan data dari siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dapat meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa, sedangkan punishment yang dilakukan secara edukatif dapat menekan perilaku indisipliner. Namun, penerapan reward dan punishment yang tidak tepat dapat menimbulkan efek negatif. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk mempertimbangkan faktor psikologis siswa dan konteks penerapan dalam mengelola sistem reward dan punishmen.
Referensi
Al-Ghazali, A. (2018). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Bandura, A. (2019). Social Cognitive Theory of Personality. In L. Pervin & O. John (Eds.), Handbook of Personality: Theory and Research (4th ed., pp. 387-416). New York: Guilford Press.
Bourdieu, P. (2020). The Forms of Capital. In E. A. Hesse-Biber & P. Leavy (Eds.), Handbook of Emergent Methods (pp. 17-26). New York: Guilford Press.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2019). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. New York: Guilford Press.
Dweck, C. S. (2021). Mindset: The New Psychology of Success. New York: Random House.
Grolnick, W. S. (2019). The Psychology of Parental Control: How Well-Intentioned Parenting Backfires. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Hattie, J., & Timperley, H. (2017). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
Lickona, T. (2018). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Simon & Schuster.
Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Skinner, B. F. (2019). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.
Watson, J. B., & Skinner, B. F. (2020). Behaviorism at Fifty: An Update. Journal of the History of the Behavioral Sciences, 56(2), 129-146.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##