INTEGRASI MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN: STUDI KASUS DI SMP N 5 KOTA BENGKULU

  • Feny Martina Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Emelda Dwi Puspita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Lolla Alfaiza Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Eyi Triutami Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Muranda Ansori Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Media digital, pembelajaran, pendidikan, SMP N 5 Kota Bengkulu, teknologi

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi media digital dalam pembelajaran di SMP N 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam pembelajaran meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah akses terhadap sumber belajar, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan bagi guru, serta kendala teknis yang sering terjadi. Studi ini merekomendasikan peningkatan fasilitas teknologi, pelatihan bagi tenaga pendidik, serta penguatan kebijakan dalam pemanfaatan media digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.

Referensi

Anderson, J. (2021). Digital Learning in the 21st Century: Opportunities and Challenges. London: Springer.

Chairudin, M. (2023). Pengembangan Madrasah Model Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(1), 15-35.

Hidayat, R. (2020). Peran Guru dalam Integrasi Teknologi Digital di Sekolah Menengah. Jakarta: PT Gramedia.

Kemendikbudristek. (2022). Laporan Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rachmawati, T. (2021). Pengaruh Media Digital terhadap Manajemen Waktu Belajar Siswa. Bandung: Pustaka Ilmu.

Santoso, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Dampaknya terhadap Akses Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Setiawan, B. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Surabaya: Penerbit Bina Ilmu.

Suryadi, D. (2021). Tantangan Infrastruktur dalam Implementasi Pendidikan Digital di Indonesia. Bandung: Penerbit ITB.

Wijaya, R. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Teknologi Digital. Jakarta: Pustaka Nusantara.

Diterbitkan
2025-03-23