KEDISIPLINAN SEBAGAI FAKTOR PENTING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTS ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU

  • Dinda Liani Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Intan Meuitia Rahmadhani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Putri Rosana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Deko Rio Putra Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Kedisiplinan, Kualitas Pendidikan, MTS Roudlotur Rosmani, Prestasi Akademik.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTS Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu. Kedisiplinan diukur melalui sikap disiplin siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan keterlibatan mereka dalam kegiatan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei yang melibatkan 50 siswa dan 5 guru sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh positif terhadap kualitas pendidikan yang tercermin pada prestasi akademik, keteraturan waktu belajar, serta perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah meningkatkan program kedisiplinan melalui kebijakan yang lebih sistematis dan penerapan pengawasan yang konsisten untuk mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik.

Referensi

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aswan, Z., & Djamarah, SB. Strategu Belajar Mengajar. Rineka Cipta

Fitriani, R., & Iskandar, H. (2021). "Analisis Kedisiplinan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah." Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 240-250. https://doi.org/10.2469/jip.v18i2.998.

Hadi, S. (2022). "Peran Kedisiplinan dalam Peningkatan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah." Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 45-53. https://doi.org/10.3013/jmp.v6i1.345

Hasibuan, M. S. P. (2005). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Bumi Aksara

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan: Strategi dan Praktik. Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, S. (2023). "Kedisiplinan dan Kualitas Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama." Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 17(3), 200-210. https://doi.org/10.1016/jpdp.2023.03.045

Samsudin, S. (2019). "Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan, 8(1), 45-52.

Santrock, J. W. (2011). “Educational Psychology”. McGraw-Hill.

Sari, N. (2021). "Dampak Kedisiplinan terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 99-110. https://doi.org/10.5469/jpk.v14i1.1234.

Diterbitkan
2025-03-25