EVALUASI EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEMATIK DI SMP N 21 BENGKULU: PERSPEKTIF GURU DAN SISWA
Abstrak
Metode pembelajaran tematik merupakan pendekatan yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema tertentu untuk meningkatkan pemahaman siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran tematik di SMP N 21 Bengkulu dari perspektif guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tematik memiliki keunggulan dalam meningkatkan keterlibatan siswa, namun masih terdapat kendala dalam implementasi, seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru dalam mengadaptasi metode ini. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan kompetensi guru serta penyediaan sumber daya yang lebih memadai guna meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik di sekolah ini.
Referensi
Chen, X., Wang, Y., & Zhang, L. (2013). Technology as a Facilitator for Thematic Learning: Enhancing Conceptual Understanding Through Integration. Journal of Educational Technology, 29(3), 112-125.
Haji, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 45-58.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurul, M. (2012). Analisis Kendala dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri 01 Sirau. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 33-47.
Nurul, M. (2012). Keterbatasan Sumber Daya dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 78-92.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, H. B., & Nurdin, M. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Bumi Aksara.
.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##