PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

  • Sutrian Efendi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Anniza Purnama Dewi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nadiahhanun Wennya Naurahlatifa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asri Atun Soleha Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Desi Ratnasari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Bahasa Inggris, Teknologi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap pengembangan kreativitas siswa di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan sampel sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam pengembangan kreativitas antara kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Nilai rata-rata kreativitas siswa dalam kelompok eksperimen meningkat sebesar 23% dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Referensi

Amabile, T. M. (2019). Creativity in Context: Update to the Social Psychology of Creativity. Routledge.

Bell, S. (2018). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. Journal of Educational Research, 55(2), 45-57.

Chairudin, M. (2020). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN. JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN ISLAM, 6(6).

Hmelo-Silver, C. E. (2016). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Krajcik, J., & Blumenfeld, P. (2018). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (2nd ed., pp. 317-334). Cambridge University Press.

Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2021). Gold Standard PBL: Essential Project Design Elements. Buck Institute for Education.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Piaget, J. (2015). The Origins of Intelligence in Children. Norton.

Strobel, J., & van Barneveld, A. (2015). When is PBL More Effective? A Meta-synthesis of Meta-analyses Comparing PBL to Conventional Classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 44-58.

Thomas, J. W. (2015). A Review of Research on Project-Based Learning. Buck Institute for Education

Diterbitkan
2025-03-24