KESADARAN PESERTA DIDIK DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DAN KEBERLANJUTAN SDA DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH

  • Salamah Salamah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Rizky Sangkut Salsabillah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Helmi Susilawati Helmi Susilawati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Kesadaran lingkungan, keberlanjutan SDA, peserta didik, SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah

Abstrak

Kesadaran peserta didik dalam menjaga lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam (SDA) merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran peserta didik SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah terhadap lingkungan serta bagaimana peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki kesadaran yang cukup baik dalam menjaga lingkungan, namun masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya fasilitas pendukung dan kurangnya sosialisasi mengenai keberlanjutan SDA. Upaya yang dapat dilakukan meliputi peningkatan program edukasi lingkungan, penyediaan fasilitas daur ulang, serta penerapan program penghijauan sekolah.

Referensi

Andriani, S., & Wijayanti, T. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologis Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 12(1), 67-80.

Astuti, R., & Setiawan, A. (2020). Peran Sekolah dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7(2), 101-115.

Handayani, L., & Priyanto, D. (2021). Implementasi Program Green School dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Hijau, 5(1), 23-38.

Hidayat, T., & Rahma, S. (2022). Strategi Peningkatan Kesadaran Lingkungan melalui Kurikulum Sekolah Berbasis Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 88-104.

Rahmat, A., & Suryani, D. (2021). Dampak Program Sekolah Adiwiyata terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Ekologi Pendidikan, 6(2), 55-70.

Sari, A., Rahmawati, D., & Nugroho, P. (2022). Pengaruh Program Sekolah Sehat terhadap Kesadaran Ekologis Siswa. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 15(2), 45-58.

Siskayanti, R., & Chastanti, P. (2022). Peran Sekolah dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 23-35.

Suyono, B., & Hartini, L. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan, 8(4), 120-135.

Wahyuni, T., & Kusuma, H. (2021). Pentingnya Peran Guru dalam Menanamkan Kepedulian Lingkungan pada Siswa SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan, 4(1), 78-92.

Wulandari, F., & Prasetyo, B. (2022). Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Kurikulum Sekolah Menengah untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa terhadap Keberlanjutan Lingkungan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 11(2), 150-165.

Diterbitkan
2025-03-25