Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MIN 1 Yogyakarta

  • Anis Fajar Fitria Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh. Wasith Achadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana kurikulum Merdeka Belajar diimplementasikan dalam pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan observasi dan wawancara. Analisis data terdiri dari tiga tahap, yang pertama adalah tahap reduksi data, yang melibatkan koreksi dan deskripsi hasil wawancara. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Yogyakarta pada kelas IV  dengan subjek penelitian berfokus pada guru pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 1 Yogyakarta berperan sebagai salah satu program implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah kabupaten Sleman DIY. Salah satu metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah metode pembelajaran berbasis proyek, yang dikenal dengan sebutan Problem Based Learning (PBL). Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, merangsang inisiatif mereka dalam proses belajar, dan mempromosikan perkembangan hubungan antarpribadi dalam kelompok. Namun, pada pelajaran Akidah Akidah materinya masih menggunakan materi K-13, hal tersebut karena belum adanya buku kurikulum merdeka pengeluaran langsung dari Kementerian Agama. Sehingga buku kurikulum merdeka hanya terfokus pada materi-materi umum saja.

Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak, Merdeka Belajar

Referensi

Anas, Zarnul Ibad, A., Khairul Anam, N., & Hariwahyuni, F. (2023). Impelementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah: Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2).

Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan islam: Teori dan Praktik. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Khoirurrijal, Fadriati, & Shofia dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. AMZAH.

Menteri Agama RI. (2022). Keptusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 347 Tahun 2022: Tentang Imlementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Nuriawati, & Achadi, Muh. W. (n.d.). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Al Qur’an Hadis di MAN 3 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2).

Sapirin, Adlan, & Candra Wijaya. (2019). Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tapanuli Tengah. ANTHROPOS: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 4(2), 211–220.

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles