PERAN PEMIMPIN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI PESANTREN LA RAIBA HANIFIDA
Abstrak
Santri di Pesantren SuperCamp La Raiba Hanifida Diwek menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pembelajaran, rutinitas sehari-hari, dan ibadah. Mereka patuh pada aturan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, yang sudah menjadi bagian dari budaya pesantren. Sikap disiplin ini didorong oleh motivasi belajar yang tinggi, yang akhirnya berkontribusi pada pencapaian prestasi yang baik. Penelitian ini ingin embahas tentang peran pemimpin Pesantren SuperCamp La Raiba Hanifida dalam menumbuhkan kotivasi dbelajar dan kedisiplinan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami Peran Pimpinan Lembaga Pendidikan Hanifida dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Karakter Disiplin Peserta Didik di Pesantren La Raiba Hanifida. Hasil penelitian ini menunjukkan Pemimpin Pesantren La Raiba Hanifida memiliki peran penting dalam menumbuhkan motivasi belajar dan karakter disiplin santri. Mereka mengadopsi pendekatan sebagai edukator, manajer, motivator, supervisor, dan agen perubahan untuk menciptakan iklim lembaga yang kondusif. Melalui program-program inovatif, mereka berhasil memberdayakan bawahannya dan memberikan motivasi langsung kepada santri. Pesantren ini juga menekankan pembentukan karakter dengan nilai-nilai keislaman, disiplin waktu, dan patuh terhadap aturan, selaras dengan teori-teori kepemimpinan yang berfokus pada perubahan yang baik untuk lembaga secara holistik.
Referensi
Anwar, Rahma Nuriyal. 2021. “Pola Dan Keberhasilan Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren.” Jurnal Kependidikan Islam 11(2):178–88.
Calicchio, S. 2022. Motivasi: Sebuah Perjalanan Ke Dalam Perilaku Termotivasi, Mulai Dari Studi Tentang Proses Batin Hingga Teori Neuropsikologis Terbaru. Stefano Calicchio.
Dewi, Elitya Rosita, Chechen Hidayatullah, Dwi Oktaviantari, Maulidya Yuniar Raini, and F. A. Islam. 2020. “Konsep Kepemimpinan Profetik.” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 5(1):147–59.
Firdaus, Firdaus. 2020. “Esensi Reward Dan Punishment Dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5(1):19–29.
Habe, M. Junaidi, Samsu Samsu, Mardalina Mardalina, Risatri Gumahansyah, Rusmini Rusmini, Ahdiyenti Ahdiyenti, and Fardinal Fardinal. 2022. “Faktor Penentu Keberhasilan Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Multidisplin 1(2):304–13.
Hasba, Sandra. 2020. “Peran-Peran Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Di Lembaga Pendidikan Islam.” Shautut Tarbiyah 26(2):272–95.
Husaini, Husaini, and Happy Fitria. 2019. “Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 4(1):43–54.
Khoirotul Idawait Mahmud, H. M. n.d. Al-Asma Al-Husna. PT Gramedia Pustaka Utama.
Mulyasa, Enco. 2019. “Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan.”
Mulyasa, H. Enco. 2022. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan Karakter Disiplin. Nusamedia.
Mushthofa, Ahmad, Muqowin Muqowin, and Aqimi Dinana. 2022. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMK Cendekia Madiun.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 9(1):72–87.
Najoan, Roeth A. O., Winsy C. I. Lala, and Yusak Ratunguri. 2023. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4(03):215–27.
Nuraeni, Nuraeni, Ahmad Sukandar, and Helmawati Helmawati. 2022. “Dampak Gaya Dan Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Penguatan Karakter Disiplin Santri.” Edukasi: Journal of Educational Research 2(1):14–32.
Parnawi, A. 2019. Psikologi Belajar. Deepublish.
Pd, M., and H. E. Mulyasa. 2019. “Praktik Penelitian Tindakan Kelas.”
Robikhah, Aridlah Sendy, and Riska Dwita Sari. 2021. “Peran Kepemimpinan Kh. Abdullah Shiddiq Dalam Pembentukkan Karakter Santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum Glagah Lamongan.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 5(1):48–63.
Sazidah, Maulidina, Refanti Madani Hanifah, Risa Vaniar Haliza, and Arita Marini. 2023. “Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2(6):829–38.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##