PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NURUL HUDA AL-MASHUDI SAMPANG
Abstrak
Hasil belajar siswa merupakan indikator penting yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana
tujuan pembelajaran telah tercapai. keberhasilan siswa untuk mencapai target pembelajaran
mencerminkan keberhasilan individual dan mencerminkan keefektifan strategi pengajaran yang
diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh
Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMP
Nurul Huda Al-Mashudi Sampang. Faktor motivasi, disiplin belajar dan metode pembelajaran
adalah suatu yang sangat berpengaruh penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan analisis regresi.
Sampel penelitian melibatkan 57 siswa yang tersebar di berbagai tingkatan kelas di SMP Nurul
Huda Al-Mashudi Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Belajar, Disiplin
Belajar, dan Metode Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Implikasi
dari temuan tersebut memberikan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurul
Huda Al-Mashudi Sampang.
Referensi
Akhter, S., M. Ajmal., & M. S. Keezhatta. (2020). A Case Study on the Effectiveness of Learner Autonomy in English Literature Classroom. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 3063-3076.
Andini, D. M. & E. Supardi. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 1-7.
Azizah, S. N. & M. A. Sri. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X Sman 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020.
Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 5(1), 31-38.
Chen, J. (2022). Effectiveness of Blended Learning to Develop Learner Autonomy in a Chinese
University Translation Course. Education and Information Technologies, 27(9), 1233712361.
Darmanto, D., A. R. Putra., & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar,
Yogyakarta.
Fazariyah, A. & P. S. Dewi. (2022). Studi Pendahuluan: Kontribusi Fasilitas Belajar dan Tingkat
Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran dalam
Jaringan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 36-41.
Felner, R. D., A. M. Seitsinger., S. Brand., A. M. Y. Burns., & N. Bolton. (2007). Creating Small Learning
Communities: Lessons from the Project on High-Performing Learning Communities About
“What Works” in Creating Productive, Developmentally Enhancing, Learning Contexts.
Educational Psychologist, 42(4), 209-221.
Firmansyah, B. & D. Darmawan. (2023). The Importance of Islamic Education Teacher
Competence and Parental Attention in Enhancing Students' Character Formation at Nur Al Jadid
ExcellentIslamic High School. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1353-1363.
Garad, A., A. M. Al-Ansi., & I. N. Qamari. (2021). The Role of E-Learning Infrastructure and
Cognitive Competence in Distance Learning Effectiveness During the Covid-19 Pandemic.
Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 81-91. Gunawan, A., R. Mardikaningsih., & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Revka Prima Media, Surabaya.
Hazami & Herminingsih. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran.
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3 (30), 364-384.
HD, A. A. & D. Darmawan. (2023). The Influence of Classroom Management and the Use of
Learning Media on Increasing Student Learning Motivation. Hikmah, 20(2), 372-382.
Hutomo, S., D. Akhmal., D. Darmawan., & Y. Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Addar Press, Jakarta.
Joy, E. H. & F. E. Garcia. (2000). Measuring Learning Effectiveness: A New Look at No-SignificantDifference
Findings.
Journal of Asynchronous Learning Networks, 4(1), 33-39.
Juliasari, N. & B. Kusmanto. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar,
dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Sekecamatan
Danurejan Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 405-412.
Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam Proses
Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia,
(2), 107-120.
Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student
Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.
Lembong, D., S. Hutomo., & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka,
Bandung.
Lestari, D., R. A. A. Pratama., & S. D. Anggraeni. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana
Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Jakarta. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan
Budaya, 1(1), 101-113.
Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2018). Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Pemahaman
Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-26.
Masnawati, E., R. Mardikaningsih, N. S. Wisnujati, M. Hariani, & Y Kurniawan. (2022). Student's
Perception of the Effectiveness of Online Learning Implementation, International Journal of
Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(2), 22 – 25.
Masnawati, E. & M. Hariani. (2023). Teacher Example and its Impact on Students' Social Behavior,
Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 31-48.
Muali, C., B. Bustanur., & Q. Aini. (2022). The Influence of Educational Facilities Management and
Learning Effectiveness on Students' Learning Motivation at SMP Nurul Jadid Paiton–
Probolinggo. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 152-161.
Ranti, M. G., I. Budiarti., & B. N. Trisna. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated
Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math
Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.
Rofiin, R. & M. Fauzan. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keterlibatan Siswa Terhadap
Efektivitas Belajar Dimoderasi Kesiapan Belajar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bahana
Manajemen Pendidikan, 11(1), 15-20.
Saragih, D. K. (2014). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 3 Sidoarjo. Jurnal
Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(1), 29-41.
Saraswati, R. Mardikaningsih., & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar.
Bumi Aksara. Jakarta.
Sianturi, N. A. T., D. Darmawan., M. S. Anwar., & A. R. Putra. (2022). Material Management
Effectiveness. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 7-10.
Sinambela, E. A., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan
Profesionalisme Guru. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Sugianto, I., S. Suryandari., & L. D. Age. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Studi, 1(3), 159-170.
Surani, D., & Mifthahudin. (2018). Kompetensi guru dan motivasi mengajar guru berpengaruh
terhadap efektivitas pembelajaran di smk negeri 3 kota serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan
Manajemen Pendidikan, 4 (02), 149-158.
Sutisna, D., & A. Widodo. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen, 9 (2), 58-64.
Wahyudi, I., D. Darmawan., & R. Mardikaningsih. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah.
IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Yanti, Y., & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap
Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah
Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.
Yugiswara, A., S. Sukidin., & T. Kartini. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar
Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##