Penerapan Metode Game Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kalangsari V
Abstrak
Kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Pengamatan di kelas 3 SDN Kalangsari V menunjukkan bahwa siswa cenderung memiliki motivasi belajar yang rendah dan terlibat dalam kegiatan yang tidak produktif selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengkaji penerapan metode Game-Based learning (GBL) untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (CAR) dengan subjek penelitian 24 siswa kelas 3 SDN Kalangsari V. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi kegiatan belajar siswa. Pada siklus I, hasil observasi menunjukkan bahwa 72,83% siswa masuk dengan baik dalam kategori aktif namun menekankan pentingnya menggunakan metode pengajaran yang inovatif dan interaktif untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Masih ada beberapa aspek yang persentasenya belum optimal. Pada siklus II, setelah melakukan perbaikan berdasarkan refleksi siklus II, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 83,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GBL bersifat praktis dalam pembelajaran. Motivasi belajar siswa. Semua aspek motivasi belajar, termasuk semangat, menyelesaikan tugas dengan benar, kemampuan menganalisis masalah, memilih solusi terbaik, bertukar pikiran, dan minat belajar, mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus Il ke siklus IlIl. Dengan demikian, GBL dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Kalangsaril V. Penelitian ini menekankan pentingnya menggunakan metode pengajaran yang inovatif dan cerdas untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Referensi
Fithria ajuhri kayyis. (2021). Urgensi Motivasi Belajar : Peran orang tua asuh dalam memotivasi dan
meningkatkan prestasi belajar siswa. media pustaka.
Gusti, I., Ngurah, A., Jayantika, T., Made, N., & Putri, R. P. (n.d.). Emasains Jurnal Edukasi Matematika
dan Sains Penerapan Game Based learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keaktifan
Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kuta Utara. https://doi.org/10.5281/zenodo.7900617
Hatu Hasanah Farid. (2023). Penerapan Mode Game Based learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
IPS di Kelas VIIIB MTS Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. UIN Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember.
Hendriza. (n.d.). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran. Riset Pendidikan
Dasar Dan Karakter, 44–53.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##