MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENGGERAK MANDIRI BELAJAR AKADEMIK SISWA UPT SD NEGERI 313 GRESIK
Abstrak
Abstrak. Pendidikan merupakan salah satu unsur kunci dalam membentuk perkembangan dan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa di Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar Negeri 313 Gresik. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 68 siswa yang dipilih secara acak. Proses pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa yang menjadi sampel penelitian. Angket disusun untuk memperoleh informasi mengenai tingkat motivasi belajar, efikasi diri, dan penggunan media sosial kemandirian belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh. Analisis data menggunakan metode statistik yang tepat untuk mengidentifikasi pengaruh antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pemahaman lebih jauh mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, khususnya dalam konteks pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri. Hasilnya motivasi belajar dan efikasi diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kemandirian belajar siswa.
Referensi
Agusriani, A., & M. Fauziddin (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5(2), 1729-1740.
Akmal, DK, D. Darmawan., & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan . IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Jurnal Sains dan Teknologi Pendidikan (EST) , 2(2), 81.
Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam , 16(1), 106-125.
Ardanti, DM & E. Rahardja, E. (2017). Pengaruh Pelatihan, Efikasi Diri dan Keterikatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Patra Semarang Hotel & Convention). Jurnal Manajemen Diponegoro, 6(3), 165-175.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal . CV Abe Kreatifindo.
Blegur, J. (2020). Soft Skills Untuk Prestasi Belajar: Disiplin Percaya Diri Konsep Diri Akademik Penetapan Tujuan Tanggung Jawab Komitmen Kontrol Diri. Scopindo Media Pustaka.
Dalimunthe, HL (2017). Pelatihan Keterampilan Psikologis Model BK “PROAKTIF” untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Guru SD. JURNAL PSIKOLOGI KOGNISI , 1(1), 45-55.
Darmanto, D., AR Putra., & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar . Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Djazilan, MS & D. Darmawan. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Budaya Sekolah Terhadap Karakter Disiplin Siswa. Studi Ilmu Sosial Indonesia , 1(2), 53-64.
Fisher, D. & N. Frey. (2010). Instruksi Terpandu: Bagaimana Mengembangkan Pembelajar yang Percaya Diri dan Sukses . ASCD.
Gunawan, A., R. Mardikaningsih & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran . Revka Prima Media, Surabaya.
Hidayat, H., & T.Sukitman. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar , 4(1), 33-41.
Hutomo, S., D.Akhmal., D. Darmawan., & Y. Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta
Indrianti, J., Daud, M., & Djalal, NM (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMKN 3 Pangkep. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora , 2(1), 154-166.
Isnawati, N. & S. Samian. (2015). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial , 25(1), 128-144.
Jianfeng, C., GS Raj., & JTT Ai. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar, Otonomi dan Kemahiran Bahasa dalam Konteks EFL Cina. Jurnal BELAJAR: Jaringan Penelitian Pendidikan dan Akuisisi Bahasa , 11(1), 1-14.
Karmila, N. & S. Raudhoh. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan , 5(1), 36-39.
Kristiyani, T. (2020). Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia . Pers Universitas Sanata Dharma.
Kurniawan, YR & H. Harti. (2013). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(3), 1–17.
Lestari, ET (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar . Publikasikan lebih dalam.
Lodjo, FS (2013). Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi , 1(3), 747-755.
Lutfianawati, D., RSP Nugraha., & R. Syifaâ. (2013). Pengaruh Pelatihan Goal Setting Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) , 5(2), 275-288.
Makmun, AS (2003). Psikologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia , 1(1), 43-54.
Nurfadilah, S. & DL Hakim. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika , 2(1), 1214-1223.
Prabawati, S. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Keuangan, dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Berwirausaha Siswa Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1), 1-10.
Pratiwi, ID, & H. Laksmiwati. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan , 7(1), 43-49.
Purwanti, S., T. Palambeta., D. Darmawan., & S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan , 8(1), 37-46.
Rahmi, N., I.Khaldun., & Z.Fitri. (2017). Hubungan Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Pendidikan Kimia Angkatan 2012, 2013, dan 2014 Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia , 2(1), 11-18.
Ranti, MG, I. Budiarti., & BN Trisna. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Didaktik Matematika: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1), 75-83.
Sa'diyah , R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak . Kordinat, 16(1), 31-46.
Saraswati, R. Mardikaningsih., & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar . Bumi Aksara. Jakarta.
Sari, RP, D. Renata, & S. Utami. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 2 Kendari. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam , 3(1), 10-17.
Sarnoto, AZ, & S.Romli. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 55-75.
Sinaga, J., R. Woran., & JL Sinambela. (2021). Pendidikan Karakter di Era Milenial: Menjawab Tantangan Global Dan Lokal. Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen , 3(2), 94-100.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik Dan Efikasi Diri). Penerbit Adab.
Sudarsana, IK (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu , 1(1), 1-14.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Susanti, DA (2020). Bimbingan Orang Tua dalam Menerangkan Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini . Al Ibtida': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 8(1), 35-56.
Tilfarlioglu, TA & FS Ciftci. (2011). Mendukung Efikasi Diri dan Otonomi Pelajar dalam Kaitannya dengan Keberhasilan Akademik di Kelas EFL (Studi Kasus). Teori & Praktek dalam Studi Bahasa , 1(10), 1284-1294.
Wardani, KA, I. Iswinarti., & D. Karmiyati. (2019). Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Berprestasi. Mediapsi , 5(2), 74-87.
Xiao, S. (2021, Juni). Efikasi Diri, Otonomi dan Hubungannya Terhadap Prestasi Bahasa Inggris. Pada Konferensi Internasional ke-2 tentang Pendidikan Kesehatan Mental dan Humaniora (ICMHHE 2021) tahun 2021 (hlm. 306-309). Pers Atlantis.
Yanti, Y. & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##