Penerapan Metode Cooperative learning dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas 9 di MTs AL Barokah Pangulah Baru

  • Enjay Sanjaya KARAWANG
  • Evanora novarese maharani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fahad ahmad fawaiz Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: pembelajaran Cooperatif learning, aktivitas murid, belajar akidah akhlak

Abstrak

Meningkatkan aktivitas pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada kelas 9 di MTs A Barokah Panguah Baru. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rencana pembelajaran akidah akhlak di kelas 9 MTs A Barokah Panguah Baru dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan partisipatif. Data penelitian berupa data proses dan data hasil perilaku yang diperoleh dari observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil beajar siswa. Kami melihat perubahan positif dalam aktivitas kemahasiswaan, dengan meningkatnya jumlah aktivitas kemahasiswaan di segala aspek. Nilai guru juga mengalami peningkatan rata-rata, dari hanya 1,6 pada kategori “kurang baik” pada siklus terakhir menjadi 2,8 pada kategori “baik” pada siklus I, dan dari Il pada siklus “sangat baik” menjadi 2,8 pada siklus “sangat baik”. kategori baik pada siklus I meningkat menjadi 3,3. kategori ” telah meningkat. Demikian pula hasil belajar siswa pada kegiatan prapembelajaran adalah sebagai berikut: 7 siswa memperoleh rata-rata poin KKM 55. Pada silklus I jumlah siswa yang mencapail KKM meningkat menjadi 8 siswa dengan rata-rata 66 siswa, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 10 siswa dengan rata-rata 75 siswa.

Referensi

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Etin Raharjo Solihatin. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Martell Ibon, T.S. (n.d.). Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning.

Diterbitkan
2024-06-03
Bagian
Articles