Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Taman Harapan 2 Kota Bekasi
Abstrak
Riset ini memiliki misi guna meningkatkan motivasi belajar dalam penerapan pembelajaran PAI melalui metode implementasi permodelan belajar kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Taman Harapan 2 Kota Bekasi. Klasifikasi penelitian yang dijalankan dalam hal ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pelaksanaan PTK terjadi dalam jangka waktu tertentu yang meliputi siklus. Setiap rangkaian terdiri dari empat langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan studi yang ditampilkan bahwasannya motivasi belajar PAI dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Hal ini didukung dengan pengamatan bahwa proses pembelajaran PAI pada Semester II menghasilkan hasil belajar yang menunjukkan peningkatan. Mengenai motivasi belajar siswa meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II. Terkait penerapan model pembelajaran Jigsaw persentasenya meningkat dari 55% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Motivasi belajar dengan memanfaatkan implementasi belajar permodelan koperatif Jigsaw meningkat sebesar 60% pada siklus I dan 83% pada siklus II atau sebesar 37%. Mengacu pada temuan penelitian tersebut akhirnya dapat ditarik suatu konklusi bahwasannya implementasi permodelan belajar Jigsaw mampu membuat peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Taman Harapan 2 Kota Bekasi.
Referensi
Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin
Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam,
(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Chandra, R., Wati, E., & Ekonomi, P. (t.t.). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI
BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X.7 SMA
NEGERI 1 PURWOREJO.
Dahlan, U. A., Selatan, J. R., & Yogyakarta, I. (t.t.). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR
SISWA KELAS XI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
PENDEKATAN TPACK 1 Nurhati Suci Tama, 2 Sumargiyani.
Komang Winata SMAN, I., & Bali, P. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap
Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–
www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Konferensi, P., Nasional, P., Karakter, P., Melalui, B., Almar’atus Sholihah, H., Fiadhia
Koeswardani, N., Fitriana, V. K., & Semarang, U. N. (t.t.). METODE PEMBELAJARAN
JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##