Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Taman Harapan 2 Kota Bekasi

  • Ahmad Rizki Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Delima Rahma Wibowo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Milla Aulya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: jigsaw, motivasi belajar, model pembelajaran kooperatif

Abstrak

Riset ini memiliki misi guna meningkatkan motivasi belajar dalam kaitannya pembelajaran PAI melalui metode implementasi permodelan belajar kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Taman Harapan 2 Kota Bekasi. Klasifikasi riset yang dijalankan dalam hal ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pelaksanaan PTK terjadi dalam jangka waktu tertentu yang disebut siklus. Setiap rangkaian terdiri dari empat langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan studi memperlihatkan bahwasannya motivasi belajar PAI dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Hal ini didukung dengan pengamatan bahwa proses pembelajaran PAI pada Semester II menghasilkan hasil belajar yang menunjukkan peningkatan. Mengenai motivasi belajar siswa meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II. Terkait penerapan model pembelajaran jigsaw persentasenya meningkat dari 55% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Motivasi belajar dengan memanfaatkan implementasi belajar permodelan koperatif Jigsaw meningkat sebesar 60% pada siklus I dan 83% pada siklus II atau sebesar 37%. Mengacu pada temuan riset tersebut akhirnya bisa ditarik suatu konklusi

Referensi

REFERENCES (DAFTAR PUSTAKA)

Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan

Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin

Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam,

(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Chandra, R., Wati, E., & Ekonomi, P. (t.t.). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI

BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM

BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X.7 SMA

NEGERI 1 PURWOREJO.

Dahlan, U. A., Selatan, J. R., & Yogyakarta, I. (t.t.). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

SISWA KELAS XI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

PENDEKATAN TPACK 1 Nurhati Suci Tama, 2 Sumargiyani.

Komang Winata SMAN, I., & Bali, P. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap

Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–

www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Konferensi, P., Nasional, P., Karakter, P., Melalui, B., Almar’atus Sholihah, H., Fiadhia

Koeswardani, N., Fitriana, V. K., & Semarang, U. N. (t.t.). METODE PEMBELAJARAN

JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP.

Diterbitkan
2024-06-30