Penerapan Metode Game Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kalangsari V

Instrumen Penilaian Aktivitas Siswa

  • Titi Komala Arsyika Universitas singaperbangsa karawang
  • Nada Shofi Nurfazri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Silvi Agustin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Motivasi, Belajar, Game Based Learning.

Abstrak

Mutu pelndildilkan dil Ilndonelsila masilh melnghadapil belrbagail tantangan, salah satunya adalah relndahnya motilvasil bellajar silswa. Obselrvasil dil kellas 3 SDN Kalangsaril V melnunjukkan bahwa silswa celndelrung tildak melmillilkil kelmauan bellajar yang tilnggil dan telrlilbat dalam aktilviltas yang tildak produktilf sellama prosels pelmbellajaran. Untuk melngatasil masalah ilnil, pelnelliltilan ilnil melngkajil pelnelrapan meltodel Gamel Baseld Lelarnilng (GBL) dalam melnilngkatkan motilvasil bellajar silswa pada mata pellajaran Pelndildilkan Agama Ilslam (PAIl). Pelnelliltilan ilnil melnggunakan meltodel Pelnelliltilan Tilndakan Kellas (PTK) atau Classroom Actilon Relselarch (CAR) delngan subjelk pelnelliltilan selbanyak 24 silswa kellas 3 dil SDN Kalangsaril V. Pelnelliltilan dillaksanakan dalam dua silklus yang masilng-masilng telrdilril daril tahap pelrelncanaan, tilndakan, obselrvasil, dan relflelksil. Ilnstrumeln yang dilgunakan mellilputil lelmbar obselrvasil aktilviltas bellajar silswa. Pada silklus Il, hasill obselrvasil melnunjukkan bahwa 72,83% silswa telrmasuk dalam katelgoril aktilf, namun masilh telrdapat belbelrapa aspelk yang pelrselntaselnya kurang optilmal. Pada silklus IlIl, seltellah dillakukan pelrbailkan belrdasarkan relflelksil daril silklus Il, motilvasil bellajar silswa melnilngkat melnjadil 83,5%. Hasill pelnelliltilan melnunjukkan bahwa pelnelrapan GBL elfelktilf dalam melnilngkatkan motilvasil bellajar silswa. Selluruh aspelk motilvasil bellajar, telrmasuk antusilasmel, pelnyellelsailan tugas delngan belnar, kelmampuan melnganalilsils masalah, pelmillilhan solusil telrbailk, pelrtukaran ildel, dan milnat bellajar, melngalamil pelnilngkatan yang silgnilfilkan daril silklus Il kel silklus IlIl. Delngan delmilkilan, GBL dapat melnjadil altelrnatilf meltodel pelmbellajaran yang elfelktilf untuk melnilngkatkan motilvasil bellajar silswa dil SDN Kalangsaril V. Pelnelliltilan ilnil melnelgaskan pelntilngnya pelnggunaan meltodel pelmbellajaran yang ilnovatilf dan ilntelraktilf untuk melncilptakan lilngkungan bellajar yang melnyelnangkan dan melmotilvasil silswa untuk lelbilh aktilf dalam prosels pelmbellajaran.

Referensi

Fithria ajuhri kayyis. (2021). Urgensi Motivasi Beajar : Peran orang tua asuh daam memotivasi dan

meningkatkan prestasi beajar sisiwa. media pustaka.

Gusti, I., Ngurah, A., Jayantika, T., Made, N., & Putri, R. P. (n.d.). Emasains Jurnal Edukasi Matematika

dan Sains Penerapan Game Based learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keaktifan

Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kuta Utara. https://doi.org/10.5281/zenodo.7900617

Hatu Hasanah Farid. (2023). Penerapan Model Game Based learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

IPS di Kelas VIIIB MTS lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. UIN Kiai Haji

Achmad Siddiq Jember.

Hendriza. (n.d.). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa daam Proses Pembelajaran. Riset Pendidikan

Dasar Dan Karakter

Diterbitkan
2024-06-03
Bagian
Articles