Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Guru, Teman Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Miftahut Thullab Sampang

  • Ach. Rafiuddin universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan universitas Sunan Giri Surabaya
Kata Kunci: Sosial, Hasil Belajar,, Guru, Teman Sekelas, Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang peran interaksi sosial siswa dengan guru dan teman sekelas terhadap hasil belajar siswa di MA Miftahut Thullab Sampang. Pendidikan merupakan pilar strategis pembangunan nasional, dimana kualitas sumber daya manusia menjadi kunci keunggulan suatu bangsa. Kualitas manusia terbentuk dari proses pembelajaran yang dinilai melalui hasil belajar. Fokus penelitian ini adalah interaksi sosial siswa dengan guru, teman sekelas sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 53 siswa kelas dua belas dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa dengan guru dan teman sekelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Implikasi praktis dari penelitian ini menekankan pentingnya memperhatikan dan meningkatkan interaksi sosial di lingkungan pendidikan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Referensi

Akmal, D. K., D. Darmawan., & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. Inti Presindo

Pustaka, Bandung.

Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. Inti Presindo Pustaka,

Bandung.

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10,1, 69-74.

Arikunto S. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta.

Arpizal & Rahayu S. T. (2022). Peran Motivasi Belajar Dalam Memediasi Komunikasi Guru

Terhadap Hasil Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas

Negeri (SMAN) 1 Kota Jambi, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, DOI:

Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V4i1 Received: 12 Oktober 2022, Revised: 3 November

, Publish: 5 Desember 2022.

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MAN Model Banda Aceh. PENDALAS:

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2, 3, 160-174.

Asih, S. S., K. Setyaningsih., &A. Murtopo. (2022). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan

Perilaku Sosial Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di RA An-Naba Banyuasin. ULIL ALBAB: Jurnal

Ilmiah Multidisiplin, 1, 4, 712-727.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal

Educatio Fkip UNMA, 7, 3, 1075-1090.

Darmayanti. (2023). Strategi Guru Wali Kelas Dalam Mengatasi Konflik Antar Siswa Di SMA

Negeri 4 Palopo. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai

Bimbingan Dan Konseling Islami, 3, 1, 90-100.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif, Raja Grafindo

Persada: Jakarta.

Fadhilah, N. &A. M. A. Mukhlis. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya

Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22, 1, 15-31.

Faiz, A., A. Pratama.&I. Kurniawaty. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru

Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Febriansyah A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama

Islam Siswa Sman 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi Institut Agama Islam Negeri

(Iain) Metro.

Febriansyah A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama

Islam Siswa Sman 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi Institut Agama Islam Negeri

(Iain) Metro.

Ghozali I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit

Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamu, F. J. (2023). Prosocial Engagement Dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap

Pembentukan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 2, 1, 43-50.

Hartono, H. (2014). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Akhlak Siswa Di SDN Duyungan I

Kecamatan Sukosewu Bojonegoro. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Giri

Bojonegoro.

Hutomo, S., D. Akhmal., D. Darmawan. &Y. Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.

Addar Press, Jakarta.

Indrayasa, K. B., &P. E. Suryanti. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Kegiatan Kreatif Anak

Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5,

, 180-190.

Jamil H. &Azra F. I. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap

Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan, Journal Of Economic

And Economic Education, 2, 2 85 – 98.

Jihad. N.H. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SDN 263 Bonto Baru Kabupaten Jeneponto. Skripsi

Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student

Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Lembong, D., S. Hutomo.,& D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. Inti Presindo

Pustaka, Bandung.

Masfufah, M. & D. Darmawan. (2023). The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in

Early Childhood, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and

Technology, 3(3), 33–38.

Masnawati, E. & M. Hariani. (2023). Impact of Leadership, Discipline, and Organizational

Commitment on the Effectiveness of Teacher Work, Bulletin of Science, Technology and

Society, 2(2), 20-24.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles