Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Terhadap Materi PAI Di Kelas V D

  • Naurasyifa Iftinannisa Naura -
  • Lina Faulina Raudatul J Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maharani Auralia Sakti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M.Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Motivasi, Pendidikan Agama Islam, TGT

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada kelas pendidikan agama Islam kelas V D semester 2 SDN Telaga Murni 03 tahun pelajaran 2023–2024 akan menghasilkan motivasi belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas (PTK) dan melibatkan peserta kelas V D SDN Telaga Murni sebanyak 19 orang.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pendidikan agama Islam pasca penerapan paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Turnamen dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat pada siklus 1. Motivasi belajar siswa tumbuh 75% pada siklus 1 dan kemudian menjadi 100% pada siklus 2. Terdapat korelasi positif antara meningkatnya hasil belajar siswa dengan meningkatnya motivasi belajar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan model ini akan meningkatkan tujuan dan motivasi pembelajaran PAI.

Referensi

Alfarisi, S., & Hasanah, U. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies Cybernetics: Journal Educational Research and sosial Studies, 2(April), 1–10.

Amni, Z., Ningrat, H. K., & -, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.25716

Rosihin, R. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI. Paedagogie, 16(1), 29–34. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4952

Yuliawati, N. A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356– 364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Diterbitkan
2024-06-03
Bagian
Articles