MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM KETERLIBATAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS 4A MI AL-MUJAHIDIN

  • Dea Nurkholifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fathur Rochman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yanti Pajriani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Partisipasi, Metode Jigsaw

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 4A MI Al- Mujahidin terhadap pembelajaran PAI. Penelitian tindakan kelas (PTK) menerapkan metode jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan lembar kerja pre- test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Mujahidin di Desa pasirkamuning, kecamatan telagasari, kabupaten karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa. Selama kegiatan pembelajaran menggunakan metode jigsaw dari awal hingga akhir, partisipasi aktif siswa diamati. Pengamatan ini dilakukan melalui lembar pengamatan partisipasi aktif siswa dan aktivitas guru dalam menggunakan jigsaw untuk mengajar Akidah Akhlak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa presentase minat belajar PAI pada peserta didik kelas IV MI Al-Mujahidin pasirkamuning pada siklus I memperoleh hasil 49,6%. Presentasi ini masih di bawah standar, tetapi masih dianggap cukup. Siklus II mencatat kenaikan sebesar 32,1%, meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar menjadi 81,2%. Ini menunjukkan bahwa presentasi tersebut sudah memenuhi kriteria penilaian dan dikategorikan sebagai partisipasi siswa yang sangat tinggi dalam pembelajaran PAI. 

Referensi

Akbar, S. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII

Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal PAKAR GURU: Pembelajaran

Dan Karya Guru, 2(2), 189–195. https://ejournal-leader.com/index.php/pakar

Antika, T. L. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa dalam Pembelajaran Bahasa

Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme. Era Lingua: Jurnal Penelitian

Bahasa Dan Humaniora, 1(1), 17–35.

Hajriyanto, M. H., Rahayu, D. V., & Supratman, S. (2023). Meningkatan Kemampuan Berpikir

Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah. PTK: Jurnal

Tindakan Kelas, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.293

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P.,

Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu

Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Mahfutri, A. E., & Fahyuni, E. F. (2023). Penerapan Metode Kooperatif tipe Jigsaw dengan

menggunakan Strategi Active Learning terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 2655.

https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4112

Nuraeni, Z. (2018). Implementasi Model Cooperatif Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan

Partisipasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Theorems, 2(2), 62–69.

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa

dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic

(Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Tanjungpura, U. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams

Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. 4(2), 229–241.

Utama, M. P. (2016). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 26, 5.

Yusuf, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD dengan

Menerapkan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada Model Pembelajaran Kooperatif.

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13706

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.23 No.02 Juni 2024

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles