MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM KETERLIBATAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS 4A MI AL-MUJAHIDIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 4A MI Al- Mujahidin terhadap pembelajaran PAI. Penelitian tindakan kelas (PTK) menerapkan metode jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan lembar kerja pre- test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Mujahidin di Desa pasirkamuning, kecamatan telagasari, kabupaten karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa. Selama kegiatan pembelajaran menggunakan metode jigsaw dari awal hingga akhir, partisipasi aktif siswa diamati. Pengamatan ini dilakukan melalui lembar pengamatan partisipasi aktif siswa dan aktivitas guru dalam menggunakan jigsaw untuk mengajar Akidah Akhlak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa presentase minat belajar PAI pada peserta didik kelas IV MI Al-Mujahidin pasirkamuning pada siklus I memperoleh hasil 49,6%. Presentasi ini masih di bawah standar, tetapi masih dianggap cukup. Siklus II mencatat kenaikan sebesar 32,1%, meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar menjadi 81,2%. Ini menunjukkan bahwa presentasi tersebut sudah memenuhi kriteria penilaian dan dikategorikan sebagai partisipasi siswa yang sangat tinggi dalam pembelajaran PAI.
Referensi
Akbar, S. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal PAKAR GURU: Pembelajaran
Dan Karya Guru, 2(2), 189–195. https://ejournal-leader.com/index.php/pakar
Antika, T. L. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme. Era Lingua: Jurnal Penelitian
Bahasa Dan Humaniora, 1(1), 17–35.
Hajriyanto, M. H., Rahayu, D. V., & Supratman, S. (2023). Meningkatan Kemampuan Berpikir
Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah. PTK: Jurnal
Tindakan Kelas, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.293
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P.,
Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu
Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Mahfutri, A. E., & Fahyuni, E. F. (2023). Penerapan Metode Kooperatif tipe Jigsaw dengan
menggunakan Strategi Active Learning terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 2655.
https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4112
Nuraeni, Z. (2018). Implementasi Model Cooperatif Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan
Partisipasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Theorems, 2(2), 62–69.
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa
dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic
(Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963
Tanjungpura, U. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams
Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. 4(2), 229–241.
Utama, M. P. (2016). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 26, 5.
Yusuf, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD dengan
Menerapkan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada Model Pembelajaran Kooperatif.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13706
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.23 No.02 Juni 2024
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##