PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA-SISWI SMK TEKNIK PAL SURABAYA

  • Faiq Imanuddin universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nelud Drajatul Aliyah universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan universitas Sunan Giri Surabaya

Abstrak

Efektivitas pembelajaran merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami dan menerapkan materi pelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar, fasilitas belajar dan kompetensi guru berkontribusi terhadap efektivitas belajar siswa. Populasi penelitian ini ditujukan kepada siswa SMK Teknik PAL Surabaya. Pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama untuk membentuk sumber daya manusia yang terdidik dan berkualitas. Faktor seperti kemandirian belajar siswa dan ketersediaan fasilitas belajar serta kompetensi guru dinilai berperan penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode pembelajaran dikatakan efektif apabila mampu mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan analisis regresi. Sampel penelitian melibatkan 75 siswa kelas XII jurusan Jaringan Komputer SMK Teknik PAL Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar, fasilitas belajar dan kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar siswa. Implikasi dari temuan tersebut memberikan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK PAL Surabaya

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles