STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTSN 5 KARAWANG
Abstrak
Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam kurang maksimal di lembaga pendidikan. Hal ini dapat berakibat pada penerapan kurikulum pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari implementasi penerapan kurikulum pendidikan agama Islam di satuan pendidikan. Menjawab permasalahan tersebut, salah satu metode yang digunakan dalam menganalisis penerapan kurikulum adalah observasi langsung di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, analisis kurikulum. Hasil penelitian MTSN 5 Kerawang menunjukkan bahwa pembelajaran kurikulum PAI mulai dari proses pengajaran kepada siswa dalam Implementasi Pendidikan Agama Islam mencakup kebiasaan sehari-hari yang dapat menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari di lingkungan sekolah. Nilai-nilai pembiasaan yang dilakukan pihak sekolah antara lain sholat dhuha berjamaah, tadarus Al-Qur'an sebelum memulai pembelajaran, dan membaca Asma Al-Husna. Kurangnya bimbingan penggunaan teknologi terkini oleh sekolah membuat guru senior sulit mengikuti kemajuan teknologi terkini tanpa adanya bimbingan, sehingga hal ini menjadi kendala di MTSN 5 Karawang.
Referensi
Adiyono, d. (Juli-2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRA: Journal of Islamic Education, 33- 60.
Ahyat, N. (March - 2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen
dan Pendidikan Islam .
Gumilar, G. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda :
Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar .
Mansur. (2021). URGENSI KURIKULUM MUATAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah
DIDAKTIKA.
Muhamad Afandi, S. M. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH .
UNISSULA, 15.
Nordin, A. B. (2013). Kurikulum Kearah Penghasilan Kemahiran Berfikiran Kritis, Kreatif dan Inovatif.
Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik.
Nurmadiah, M. (2014). Kurikum Pendidikan Agama Islam. Jurnal AL - AFKAR.
Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum,Merode
Pembelajaran, dan Guru. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 .
Rosnaeni R., S. M. (2022). Model - model pengembangan kurikulum di sekolah. edukatif, 467 - 473.
Siroj, K. M. (2014). Urgensi Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter. At - Turas : Hurnal Studi
Keislaman .
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##