Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV SDN Kalangsari V Melalui Metode Reading Guide dalam Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Reading Guide terhadap peningkatan literasi siswa kelas IV di SDN Kalangsari V. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Kalangsari V yang berjumlah 18 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes literasi sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Reading Guide.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi siswa kelas IV SDN Kalangsari V setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Reading Guide. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata tes literasi siswa dari 71% pada pre-test menjadi 82% pada post-test. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Reading Guide efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV SDN Kalangsari V.
Referensi
Arwida Endah Zuhari, Nana Djumhana, Effy Mulyasari. (2018). Penerapan Metode Guide Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Universitas Pendidikan Indonesia: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. Ill No. II,
Ila Nur Aeni, Ismail Marzuki. (2023). Metode. Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan U terasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia: Jurnal Papeda; Vol. 5, No. 2.
Rukminingsih, Gunawan Adnan, Mohammad Adnan Latief. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Sleman Yogyakarta: Erhaka Utama.
Tri Aulia, Titin, Eko Sri Wahyuni. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualisation di Kelas VII MTs AD-Muhajirin Rasau Jaya. Universitas TanjungpuraiPTK, Vol.4 No.2.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##