Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang

  • Wihdatul Maulidya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yadi Fahmi Arifudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nindya Nindya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Widiya Tri Pangesti Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Kurikulum menjadi peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai wadah yang akan menentukan arah tujuan kedepannya agar berjalan menjadi lebih baik dan maksimal. Berhasil atau tidaknya sebuah pendidikan sangat bergantung dengan kurikulum yang digunakan, karena kurikulum merupakan ujung tombak bagi terlaksananya kegiatan pendidikan. Kurikulum SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dapat mengembangkan dan mengaplikasikan kurikulum pendidikan agama Islam yang berbeda dengan sekolah-sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum pendidikan agama Islam di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dan implementasinya dalam proses pembelajaran serta problematika dan hasil yang dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus atau field research. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi narasumber, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum yang dipakai di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang menggunakan tiga kurikulum, yaitu kurikulum 2013, kurikulum merdeka, dan kurikulum khas Al Irsyad.

Referensi

Anshari, Z., & Fahruddin, A. H. (2020). Jejak Historis Al-Irsyad Al-Islamiyah dan@Kiprahnya dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Akademika, 14(01).

Arian, “Implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusi: Studi kasus di SMP al-Irsyad al- Islamiyyah Purwokerto”, hal. 63.

Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66-75.

Khasanah, Wikhdatun, “Kewajiban MenuntuttIlmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1, no. 2, 2021.

Kidam, K. (2018). Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kompetensi Paedagogik GuruK terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Maunah, Binti. “Landasan Pendidikan", Yogyakarta: Teras, 2019.

Sahidi, A. (2016). Implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusi: Studi kasus di SMPPal-Irsyad

al-Islamiyyah Purwokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Septiana, Famella, "Implementasi Kurikulum PAI Al Irsyad Di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto",2020.

Subadi, T. (2006). Metode penelitian kualitatif.

Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2014). Pengembangan bahan ajar program linear berbantuan lindo software. Infinity Journal, 3(2), 189-216.

Diterbitkan
2024-06-04
Bagian
Articles