Penerapan Metode Student Division (STAD) dalam meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas 3 di SDN Telukjambe II Team Achievment
Abstrak
Banyak siswa menjadi bosan dengan metode pembelajaran konvensional dan monoton, itulah sebabnya pendekatan inovatif untuk pendidikan diperlukan. Pembelajaran aktif adalah salah satu pendekatan tersebut. Jika siswa menjadi tidak aktif dan kurang berpartisipasi didalam pembelajaran dapat mengakibatkan, banyak siswa yang tidak berkosentrasi, sehingga mempengaruhi bagaimana tujuan pembelajaran bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan fokus siswa melalui penggunaan Student Team Achievment Division (STAD), sebuah strategi kooperatif. Adapun dalam penelitian melibatkan dua observer untuk mengamati peneliti dalam menyampaikan metode STAD yang mana hasil observasi tersebut akan dijadikan refleksi sebagai bahan perbaikan pada siklus selanjutnya, sehingga metode STAD dapat mencapai konsentrasi yang optimal. Metode yang digunakan untuk menentukan dan memastikan sumber data, yaitu metode deskriptif kuantitatif diterapkan. yang berasal dari data mentah wawancara, lembar observer, dan rubrik penilaian konsentrasi siswa yang kemudian hasil nya dituangkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan terhadap konsentrasi belajar nya pada Pelajaran PAI melalui metode STAD, tidak hanya konsentrasi belajar yang meningkat ternyata terdapat perbaikan dari aktivitas siswa yang lebih aktif dan menyenangkan. Simpulan pada penelitian ini adalah metode STAD bisa digunakan sebagai salah satu metode pengajaran untuk meningkatkan fokus siswa. Hal ini dimaksudkan bahwa penelitian ini akan berfungsi sebagai model atau titik acuan untuk meningkatkan semua masalah kelas, terutama yang berkaitan dengan kemampuan siswa untuk fokus pada pembelajaran mereka.
Referensi
Andriana, E., Rokmanah, S., Aprilia, L., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n.d.). ANALISIS
TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES
PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TEMBONG 2.
Azizah, N. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Flow Akademik Pada Siswa SMAN 8
Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Martono, H., & Junaidi H Matsum, Mp. H. (n.d.). HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1
NGABANG (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh) ARTIKEL Oleh FRANSISKA
DWI MAYASARI NIM F2191131009.
Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi
belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1),
-20.
Simorangkir, D. S., & Napitupulu, E. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 711–722.
https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1597
Sudrajat, U. Model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar PKn di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).
Suhaemin, S., & Arikunto, S. (2013). Manajemen perpustakaan di madrasah aliyah negeri
Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 252-268.
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams
Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. In Jurnal Papeda (Vol. 4, Issue 1).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##