Penerapan Metode Student Division (STAD) dalam meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas 3 di SDN Telukjambe II Team Achievment

  • Camila Mulia Ramadhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dede Lutfi Munawar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ega Ayu Sekar Kinasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Firly Aulia Handayani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Metode Student Team Achievement Division, Konsentrasi Belajar, Peningkatan, Perbaikan, Pelajaran PAI

Abstrak

Banyak siswa menjadi bosan dengan metode pembelajaran konvensional dan monoton, itulah sebabnya pendekatan inovatif untuk pendidikan diperlukan. Pembelajaran aktif adalah salah satu pendekatan tersebut. Jika siswa menjadi tidak aktif dan kurang berpartisipasi didalam pembelajaran dapat mengakibatkan, banyak siswa yang tidak berkosentrasi, sehingga mempengaruhi bagaimana tujuan pembelajaran bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan fokus siswa melalui penggunaan Student Team Achievment Division (STAD), sebuah strategi kooperatif. Adapun dalam penelitian melibatkan dua observer untuk mengamati peneliti dalam menyampaikan metode STAD yang mana hasil observasi tersebut akan dijadikan refleksi sebagai bahan perbaikan pada siklus selanjutnya, sehingga metode STAD dapat mencapai konsentrasi yang optimal. Metode yang digunakan untuk menentukan dan memastikan sumber data, yaitu metode deskriptif kuantitatif diterapkan. yang berasal dari data mentah wawancara, lembar observer, dan rubrik penilaian konsentrasi siswa yang kemudian hasil nya dituangkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan terhadap konsentrasi belajar nya pada Pelajaran PAI melalui metode STAD, tidak hanya konsentrasi belajar yang meningkat ternyata terdapat perbaikan dari aktivitas siswa yang lebih aktif dan menyenangkan. Simpulan pada penelitian ini adalah metode STAD bisa digunakan sebagai salah satu metode pengajaran untuk meningkatkan fokus siswa. Hal ini dimaksudkan bahwa penelitian ini akan berfungsi sebagai model atau titik acuan untuk meningkatkan semua masalah kelas, terutama yang berkaitan dengan kemampuan siswa untuk fokus pada pembelajaran mereka.

Referensi

Andriana, E., Rokmanah, S., Aprilia, L., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n.d.). ANALISIS

TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES

PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TEMBONG 2.

Azizah, N. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Flow Akademik Pada Siswa SMAN 8

Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Martono, H., & Junaidi H Matsum, Mp. H. (n.d.). HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1

NGABANG (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh) ARTIKEL Oleh FRANSISKA

DWI MAYASARI NIM F2191131009.

Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi

belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1),

-20.

Simorangkir, D. S., & Napitupulu, E. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 711–722.

https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1597

Sudrajat, U. Model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan

aktivitas dan hasil belajar PKn di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).

Suhaemin, S., & Arikunto, S. (2013). Manajemen perpustakaan di madrasah aliyah negeri

Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 252-268.

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams

Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. In Jurnal Papeda (Vol. 4, Issue 1).

Diterbitkan
2024-06-30